Selasa, 20 Juni 2017

Jurnal Kesehatan tentang Teh Hijau bagi Gula Darah

Banyak orang yang sudah mengetahui manfaat teh hijau untuk menurunkan berat badan. Namun sebenarnya ada banyak manfaat lain dari teh hijau, lebih dari sekedar membantu menurunkan berat badan. Salah satu dari sekian banyak manfaat teh hijau adalah untuk membantu mengontrol kadar gula darah seseorang. Sebelum kita melihat manfaat teh hijau lebih lanjut, mari kita pelajari terlebih dahulu apa yang terkandung dalam teh hijau ini.

Bila kita melihat dari banyaknya penelitain mengenai teh hijau dan manfaatnya, maka dapat dipastikan bahwa sebagian besar manfaatnya didapatkan dari Polifenol. Polifenol adalah senyawa fitokimia yang merupakan antioksida yang juga turut berperan serta dalam memberikan rasa pahit pada the tersebut. Secara umum ada 4 senyawa polifenol dalam teh hijau yaitu Epicatechin, Epicatechin Gallate, Epigallocatechin, dan Epilogallocatechin Gallate.

Lalu apa hubungan teh hijau dan kadar gula darah? Kandungan polifenol dalam teh hijau akan membantu meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin dan hal itu berarti bahwa orang yang sedang mendapatkan pengobatan insulin (baik pengobatan modern ataupun pengobatan herbal) maka tubuhnya akan berekasi jauh lebih baik terhadap pengobatan tersebut. Konsumsi teh hijau secara teratur akan dapat membantu dalam menurunka kadar kolesterl dan gula darah. Hal ini tentunya merupakan kabar baik bagi Anda penderita diabetes karena Anda dapat mengkonsumsi teh hijau setiap hari tanpa perlu menghawatirkan efek sampingnya pada kesehatan Anda.

Penelitian tentang teh hijau itu sendiri sudah banyak dilakukan dan dibukukan dalam jurnal-jurnal kesehatan. Namun sebagian besar dari jurnal tersebut lebih mengungkapkan manfaat the hijau bagi berbagai jenis penyakit termasuk gula darah atau diabetes. Untuk kriteria pengobatan atau penanganan penyakit diabetes ini sendiri dapat menggunakan berbagai macam cara baik pengobatan modern ataupun pengobatan tradisional. Pengobatan dengan menggunakan teh hijau itu sendiri termasuk dalam jenis pengobatan herbal yang sebenarnya sangat sederhana dan sangat mudah dipraktekan oleh siapapun juga.

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa teh hijau itu sendiri memiliki banyak sekali manfaat. Teh hijau juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol, mengurangi resiko penyakit jantung, membantu melawan kanker esophagus dan kanker kandung kemih, menurunkan tekanan darah, mengurangi stress, meningkatkan konsentrasi belajar, memperkuat system kekebalan tubuh dan juga membantu untuk menguatkan tulang.

Dengan begitu banyaknya manfaat yang diberikan teh hijau, tidak berarti bahwa Anda bisa mengkonsumsinya semau Anda. Tiga gelas teh hijau setiap hari sudah cukup untuk memberikan manfaat bagi orang yang mengkonsumsinya. Teh juga mengandung kafein walaupun tidak sebanyak kopi sehingg dapat menimbulkan peningkatan denyut jantung atau dalam kadar tertentu, ketergantungan. Oleh karena itu. Konsumsilah teh hijau secukupnya saja agar Anda mendapatkan manfaat maksimal yang ditawarkan oleh teh hijau.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!