Minggu, 11 Juni 2017

10 Cara Ampuh Turunkan Berat Badan

Obesitas umumnya disebabkan karena asupan energi yang masuk tidak seimbang. maka, salah satu langkah sehat dan efektif untuk menurukan berat badan adalah dengan memperbaiki pola makan yang berlebihan. Berikut 10 tip untuk membantu mengatasi kebiasaan makan yang berlebihan yang diberikan oleh seorang psikolog peneliti gangguan pola makan, Brian Wansink, Ph.D :

1. Membatasi camilan

Yang harus dihindari pertama untuk memperbaiki pola makan adalah dengan membatasi camilan ketika nonton. Mengapa? Karena disaat sibuk nonton kita akan mengungunyah tanpa berpikir. Hal ini lah yang membuat kita ‘makan berlebihan’.

2. Kenali Tanda Rasa Kenyang

Ungakapan berhentilah makan sebelum kenyang pasti sudah tak asing lagi buat kita. Namun pada praktiknya sangat sulit dilakukan karena kita tak benar-benar tahu kapan kita merasa kenyang. Makanya, kebanyakan orang berhenti makan ketika makanannya hampir atau benar-benar sudah habis. Oleh sebab itu, mulailah belajar ,mengenali sinyal atau tanda kenyang yang dikirim oleh perut ke otak. Jangan tunggu hingga piring Anda kosongbila ingin berat badan Anda ideal.

3. Tak perlu merasa bersalah jika makanan Anda bersisa

Jika Anda termasuk orang yang sayang membuang atau menyia-nyiakan sisa-siasa makanan, mulai saat ini Anda wajib mengubah pola pikir tersebut. Jika ANda ingin membuat berat badan Anda ideal, Anda harus tahu kebutuhan tubuh. Bila sudah mencukupi, berhentilah makan. Jika tak mau membuang makanan, ambilah secukupnya.

4. Pahami istilah dalam diet


Orang-orang umumnya keliru dalam memahami istilah ‘rendah lemak’. Istilah tersebut sering dianggap sama dengan istilah ‘rendah kalori’. Padahal kedua hal tersebut sangat berbeda. Contoh nyatanya, sebuah camilan yang bertuliskan rendah lemak atau bebas lemak bisa mengandung bahkan mencapai 200 kalori. Jadi sebaiknya, luruskan dahulu pemahaman tersebut. Sebaiknya, pilihlah makanan yang rendah lemak, rendah kalori namun kandungan seratnya tinggi.

5. Simpan camilan atau Snack di tempat yang ‘tak terlihat’
Istilah lapar mata tentu saja tak hanya berlaku ketika berbelanja saja. Untuk kasus makan pun istilah itu juga berlaku. Harus diakui bahwa kadang kita mengambil makan dan kalap karena melihat berbagai jenis makanan atau camilan. Jadi, yang harus Anda lakukan untuk memperbaiki pola makan Anda adalah dengan menyembunyikan atau menyimpan makanan Anda di tempat yang tak terlihat. Di rak lemari paling atas dan tertutup, misalnya. Dengan begitu, Anda tidak akan melihatnya dan bahkan kesulitan untuk mengambilnya.

6. Buat perut kenyang sebelum berpergian

Seseorang cenderung banyak makan dan mengemil ketika dalam perjalanan jauh, tempat perbelanjaan dan gedung bioskop. Salah satu cara paling ampuh untuk menghentikan hal tersebut adalah dengan mengisi perut sebelum pergi ke tempat-tempat tersebut atau berpergian jauh. Bawalah sebotol air mineral yang bisa membuat perut terasa kenyang ketika berjalan-jalan atau nonton.

7. Pilih gelas tinggi dan langsing

Hal ini berguna untuk mengurangi porsi kita meminum minuman yang manis atau bersoda. Biasanya ketika kita menggunakan gelas pendek, kita akan mengisi gelas tersebut hingga penuh. Sementara saat menggunakan gelas tinggi kita akan cenderung mengisi setengahnya saja. Jadi mulai saat ini ganti gelas pendek Anda dengan gelas tinggi yang langsing.

8. Buat semuanya dalam porsi kecil

Ketika sebuah makanan disajikan atau dihidangkan dalam porsi besar, maka kita akan cenderung makan dalam porsi besar pula. Oleh sebab itu, sebisa mungkin ambilah, pesanlah atau buatlah makanan dalam porsi kecil-kecil saja.

9. Nilailah rasa makanan Anda

Cara selanjutnya untuk membatasi pola makan ANda adalah dengan menilai rasa hidangan yang tersaji. Jika rasanya menurut Anda tidak terlalu enak, cobalah berhenti makan. Pikirkanlah bahwa rasanya tidak sebanding dengan jumlah kalori yang akan masuk dalam tubuh Anda. Jika makanannya tidak terlalu enak berarti makanan tersebut tidak pantas membuat Anda harus bersusah-susah menurunkan berat badan nantinya kan?

10. Jangan terlalu banyak pilihan

Hindari makan di tempat yang menyajikan terlalu banyak pilihan. Semakin banyak pilihan akan membuat Anda ingin mencicipi semuanya.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!