Sabtu, 27 Mei 2017

Tips Mengurangi Rasa Sakit Untuk Persalinan Normal

Hampir semua Ibu yang mengandung dan sudah mendekati masa persalinan mengharapkan ia dapat melahirkan secara normal. Hal ini karena kodrat seorang wanita adalah hamil dan melahirkan. Selain itu, proses kelahiran secara normal merupakan hal yang menunjukkan bahwa ibu dan bayi dalam keadaan sehat serta persalinan normal tentu saja tidak akan menuntut Anda mengeluarkan biaya yang sangat mahal.

Meski berat dan ada sedikit perasaan takut yang menghantui, seorang wanita pasti akan merasa bangga dan sempurna ketika ia dapat melahirkan secara normal. Namun, rasa takut sering kali membuat para Ibu ragu untuk menjalani proses alami ini. Wajar saja, hal ini karena proses persalinan yang membutuhkan kesiapan energy yang cukup, mental yang kuat, dan juga dukungan keluarga yang luar biasa.

Selain itu, rasa sakit yang dirasa menjelang persalinan juga merupakan hal utama yang membuat seorang Ibu takut menghadapi persalinan normal. Akan tetapi, tidak semua wanita merasakan proses yang menyakitkan selama proses persalinan normal. Pada beberapa wanita, proses persalinan normal dapat dijalani dengan cukup santai dan bahkan rasa sakit yang dirasakan tidak begitu terasa. Hal ini karena persiapan matang mereka dalam menghadapi persalinan. Ada beberapa hal yang dapat memepengaruhi seperti pengalaman bersalin sebelumnya, dukungan suami dan keluarga, bobot dan panjang bayi, teknik khusus saat persalinan, hingga bidan atau dokter yang membantu proses peralinan tersebut.

Jika Ibu juga mendambakan proses persalinan normal, namun ingin mempersiapkannya dengan baik agar tidak terasa begitu menyakitkan, berikut beberapa tips yang bisa Ibu terapkan.

Mempersiapkan Mental dengan Baik

Kekuatan pikiran adalah hal utama yang dapat mengendalikan tubuh Ibu, termasuk untuk mengendalikan rasa sakit.Apabila Ibu terus berusaha berpikiran positif dan percaya diri bahwa Ibu sanggup melalui proses persalinan normal, maka Ibu pasti akan berhasil menjalaninya. Tanamkan dalam benak Ibu bahwa melahirkan adalah kodrat seorang wanita dan sesuatu yang akan membuatnya sempurna. jutaan wanita lain juga sudah melahirkan dengan normal dan selamat, maka Ibu juga pasti bisa seperti mereka. Sebaliknya, proses persalinan akan terasa sangat menyakitkan jika sejak awal Ibu tidak yakin dan takut akan rasa sakit yang mendera.

Selain itu, Ibu juga harus selalu berserah kepada Tuhan. Yakinlah bahwa perjuangan seorang Ibu yang melahirkan adalah perjuangan yang sangat besar dimata Tuhan. Terus berdoa, yakin dan percaya bahwa Tuhan akan menolong. Maka proses persalinan akan terasa lebih mudah untuk dilalui serta Ibu dan bayi menjadi selamat.

Usahakan Bersikap Santai Menjelang Persalinan

Berusaha bersikap santai menjelang persalinan tentu saja bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. hal ini karena desakan bayi di dalam perut yang menimbulkan rasa sakit yang cukup mengejutkan bagi Ibu. Akan tetapi, sebaiknya Ibu dan keluarga tidak bersikappanik karena kepanikan hanya akan membuat diri ibu menjadi tegang dan akhirnya tidak siap menghadapi persalinan. Usahakan untuk bersikap santai dan atur nafas dengan teratur meski rasa sakit datang dan pergi. Dengan mencoba untuk tidak panik, Ibu akan merasakan bahwa proses ini tidak begitu menyakitkan. Selain itu, otot – otot di sekitar panggul juga akan lebih santai dan lentur sehingga proses persalinan akan lebih cepat dan lancar.

Jalan – Jalan Kaki Sebelum Persalinan

Beberapa jam sebelum menjelang waktu persalinan, kontraksi yang terjadi di perut Ibu masih akan timbul tenggelam. Jika belum terasa begitu intens, Ibu bisa melakukan sedikit jalan – jalan kaki di sekitar ruang persalinan. Hal ini dapat membantu Ibu merilekskan pikiran serta proses persalinan menjadi lebih lancar dan cepat.

Pelajari Teknik Pernapasan yang Benar saat Persalinan

Teknik pernapasan yang benar dapat digunakan agar proses persalinan menjadi lebih lancar. Sebaliknya, jika Ibu tidak bernapas dengan teknik yang benar, Ibu mungkin akan kehabisan tenaga dan proses persalinan menjadi lebih lama dan menyiksa. Dengan mempelajari pengaturan napas saat persalinan, ada banyak manfaat yang bisa Ibu dapatkan seperti lebih tenang dan fokus, mendapatkan pasokan oksigen yang cukup, energi yang digunakan dengan lebih baik, merespon kontraksi dengan benar, serta mengejan dan mendorong bayi keluar di waktu yang tepat.

Mempelajari Teknik dan Proses Persalinan dengan Baik

Apabila Ibu mempelajari banyak hal seputar proses persalinan, sedikit banyak Ibu akan mengetahui teknik yang benar untuk melahirkan dan merasa siap secara mental. Dengan begitu, proses persalinan pun akan menjadi lebih cepat, mudah dan tidak terasa begitu menyakitkan. Untuk mempelajari teknik melahirkan dengan benar, Ibu bisa membaca informasi seputar kapan dan bagaimana cara mengejan dan mendorong dengan benar saat bersalin, mengatur napas dengan baik, serta stimulasi alami yang dapat dilakukan untuk mempercepat proses persalinan seperti stimulasi puting.

Memusatkan Perhatian
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa kondisi mental yang tenang akan membuat proses persalinan tidak begitu menakutkan. Cara lainnya untuk menenangkan psikis Ibu adalah dengan memusatkan perhatian pada hal – hal yang menyenangkan seperti membayangkan betapa lucunya bayi yang akan Ibu lahirkan, mendengarkan musik – musik yang menenangkan, dan sebagainya.

Dukungan Besar Orang – Orang Terkasih

Besarnya cinta dan kasih sayang dari orang – orang di sekitar termasuk suami, orang tua dan saudara juga merupakan dukungan yang besar saat proses persalinan sehingga Ibu bisa merasa lebih siap. Suami adalah orang terkasih yang dukungannya akan sangat memberikan semangat bagi Ibu di dalam proses persalinan. Suami dapat memberikan dukungan dan cintanya selama persalinan dengan cara mengusap–usap punggung, membenarkan posisi bantal, mengelap keringat yang keluar karena menahan sakit, dan sebagainya. Perhatian dan cinta besar yang ditunjukkan juga akan memberikan semangat dan energi baru bagi ibu dalam proses persalinannya.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!