Jumat, 26 Mei 2017

Cara Melakukan Hypnobirthing untuk Kehamilan

Anda menginginkan persalinan normal? Yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan persalinan normal salah satunya adalah dengan menampung segala masukan yang positif dalam diri anda, misalnya dengan mendengarkan pengalaman melahirkan secara normal yang lancar dari teman maupun dari orang lain, serta persiapan kesehatan yang dapat mendukung persalinan anda.

Ketika anda berada dalam lingkungan yang memberikan penilaian positif, maka anda akan lebih cepat serta lebih mudah dalam mengelola emosi saat menghadapi proses persalinan. Selama kehamilan, penilaian positif sangat diperlukan, seperti dalam teknik Hypnobirthing. Hypnobirthing adalah sebuah teknik yang bisa membantu anda mendapatkan sugesti positif selama kehamilan.

Metode yang digunakan dalam hypnobirthing adalah teknik sugesti atau hipnotis dalam menjalani kehamilan dan mempersiapkan persalinan sehingga ibu hamil dapat menjalani proses persalinan dengan lancar, nyaman dan aman. Yang paling penting adalah sugesti positif dalam hypnobirthing akan dapat membuat kesehatan ibu dan janin semakin membaik selama kehamilan dan persalinan.

Pada dasarnya, teknik hypnobirthing dapat dikembangkan dari keyakinan bahwa melahirkan dengan persiapan yang matang dan menyeluruh baik secara fisik dan psikologis sangat berpengaruh pada ibu hamil.

Ibu hamil yang memiliki kondisi fisik yang sehat, pikiran yang positif dan emosi yang teratur membuatnya semakin siap untuk menghadapi persalinan sehingga mengurangi risiko gangguan pada saat persalinan. Dukungan dari suami dan keluarga juga sangat penting dalam menghadapi persalinan. Hypnobirthing merupakan salah satu teknik untuk mencapai kondisi harmoni pada ibu hamil dalam mempersiapkan persalinan, karena dapat menjauhkan rasa takut, tegang, cemas, dan rasa sakit saat menjalani proses persalinan.

Teknik hypnobirthing sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan oleh setiap ibu hamil, kuncinya adalah dengan melakukan implementasi baik saat di kelas latihan maupun di rumah. Untuk mencapai hasil yang optimal dalam teknik hypnobirthing, anda memerlukan pendampingan yang baik dari pelatih, suami maupun keluarga. Dengan melibatkan orang terdekat seperti suami anda, maka akan dapat memberikan motivasi dalam melakukan teknik hypnobirthing. Sebenarnya latihan hypnobirthing tidak sulit dan dapat dilakukan di rumah secara teratur.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan dalam melakukan hypnobirthing:
  1. Mulailah dengan melakukan penyusunan sugesti positif yang disesuaikan dengan kebutuhan anda.
  2. Buatlah keyakinan latihan hypnobirthing dengan didasari oleh keinginan yang kuat sehingga latihan dapat dilakukan dengan menyenangkan.
  3. Pastikan anda mendapatkan sugesti yang jelas untuk dipahami.
  4. Pilihlah beberapa kata yang memberikan intruksi positif sehingga sugesti dapat diterima oleh alam bawah sadar anda.
  5. Sebaiknya anda mengurutkan sugesti sesuai dengan kebutuhan, seperti saat menjelang pemeriksaan di trimester akhir. 
  6. Anda dapat memberikan sugesti positif terhadap hasil pemeriksaan sehingga anda bisa mendapatkan persalinan normal.
  7. Ulangi sugesti secara teratur dan hilangkan kata-kata klise.
  8. Gunakanlah arti tunggal yang tidak meragukan.
  9. Buatlah tambahan kata-kata yang menggambarkan emosi dan semangat anda yang hebat dan luar biasa.
  10. Lakukan pengulangan
  11. Apabila anda mendapati masalah atau penilaian lain maka anda dapat menyelesaikannya dimulai dari permasalahn yang paling mendasar.
  12. Aturlah nafas anda dan lakukan dengan pelan-pelan.
  13. Saat melakukan hypnobirthing pastikan anda mendapatkan posisi yang nyaman, dan bebaskan dari faktor yang dapat mengganggu anda.
  14. Apabila anda masih mengalami kesulitan, anda bisa meminta bantuan dari CD hypnobirthing yang dapat membantu anda dalam melaukan latihan.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!