Jumat, 12 Mei 2017

Metode Manakah Yang Lebih Aman Untuk Menurunkan Berat Badan?

Apakah anda telah memutuskan untuk menurunkan berat badan anda sebanyak beberapa pounds dan telah memiliki deadline kapan hal tersebut harus tercapai? Jika waktu adalah segalanya bagi anda, maka anda tidak akan memiliki cukup banyak waktu untuk menurunkan berat badan maupun waktu olahraga yang harus anda lakukan tiap harinya. Jika anda harus memilih yang mana yang lebih aman antara berenang atau berlari untuk menurunkan berat badan, maka anda harus memilih dengan bijak.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pembakaran kalori melalui olahraga, apapun jenis olah raga yang anda pilih. Ada 4 faktor yang jamak diketahui oleh setiap orang yaitu frekuensi, intensitas, durasi waktu dan tipe olahraga, Ketika anda memilih jenis olahraga yang akan anda lakukan, maka sangat penting untuk mengetahui seberapa banyak jumlah kalori yang bisa terbuang beserta dengan jumlah jaringan otot yang digunakan. Semakin banyak jaringan otot yang difungsikan, maka semakin besar pula energi yang akan digunakan di dalam olahraga tersebut. Tetapi anda harus ingat bahwa memilih jenis olahraga yang anda sukai akan mendorong anda untuk mendapatkan hasil yang lebih baik walaupun dengan perbedaan yang cukup mendasar dari keempat faktor tersebut.

Olahraga lari memiliki berbagai macam variasi intensitas, jarak serta durasi lari yang bisa anda pilih. Sebagai komparasi, asumsikan durasi waktu anda berlari adalah sama yaitu 30 menit. Semakin cepat anda berlari maka semakin banyak pula jumlah kalori yang dapat dibakar oleh tubuh anda. Di sisi lain, olahraga renang adalah tipe olahraga yang tidak memiliki variasi atau tipe sebanyak olahraga lari, tetapi jumlah kalori yang dibakar lebih banyak dari pada berlari dengan jumlah intensitas yang sama.

Berlari memiliki banyak sekali keuntungan. Salah satunya adalah olahraga ini sangat mudah untuk dilakukan dimanapun dan kapanpun juga. Olahraga ini juga tidak memerlukan uang serta kemampuan yang berlebihan. Tidak seperti olahraga renang yang membutuhkan anda untuk menguasai skill renang khusus dan pengalaman yang cukup banyak agar anda dapat berenang dengan efisien, setiap orang dapat berlari. Sebagai sebuah olahraga yang memiliki banyak manfaat, berlari juga dapat meningkatkan ketebalan tulang kaki anda yang menurut universitas Stanford dapat mencegah terjadinya osteoporosis.

Olahraga renang mungkin sangat tepat dilakukan bila anda termasuk orang yang memiliki kelebihan berat badan yang sangat besar atau bila anda memiliki kelainan pada jaringan tulang yang mungkin saja akan kambuh bila anda melakukan olahraga yang terlalu berat seperti berlari. Dibandingkan dengan berlari, berenang memaksa sebagian besar jaringan otot dalam tubuh bekerja secara maksimal yang tidak hanya bisa meningkatkan pembakaran kalori tetapi juga meningkatkan proses pembakaran lemak dengan bantuan otot selama anda sedang beristirahat dengan meningkatkan daya metabolisme tubuh. Berdasarkan jurnal yang diterbitkan oleh Epidemiology, berenang adalah cabang olahraga yang memiliki tingkat resiko cedera lebih rendah dibandingkan berlari.

Berdasarkan komparasi dari masing-masing cabang olahraga tersebut, maka bisa dipastikan bahwa berenang dapat membakar kalori jauh lebih cepat daripada berlari dengan durasi waktu dan intensitas yang sama. Tetapi faktor kesehatan serta hobi anda harus tetap merupakan faktor utama sebelum memutuskan jenis olahraga yang ingin anda lakukan. Walaupun perbedaan antara keduanya sangat kecil sekali. Satu lagi yang harus anda ingat adalah carilah motivasi yang sesuai untuk tetap melaksanakan olahraga tersebut hingga anda mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)