Sabtu, 27 Mei 2017

Makalah Tentang Keputihan

Dari makalah tentang keputihan yang diterbitkan oleh berbagai sumber, dapat diambil suatu kesimpulan bahwa keputihan adalah suatu kondisi di mana vagina secara terus menerus mengeluarkan cairan serta sel. Keputihan ternyata juga bukan suatu penyakit, melainkan system proteksi tubuh untuk membersihkan vagina serta melindunginya. Cairan dan sel yang keluar melalui vagina saat keputihan bisa berbeda warna dan konsistensinya tergantung dari kondisi masing-masing. Seringkali, keputihan juga terjadi pada ibu yang sedang hamil.

Terjadinya keputihan yang tidak normal termasuk karena vaginosis bakteri, infeksi jamur dan gejala dari menopause, bisa dikatakan tidak terlalu membahayakan dan mengkhawatirkan. Namun pada beberapa kasus, keputihan menjadi suatu gejala yang perlu dikhawatirkan karena juga bisamenjadi pertanda adanya infeksi berbahaya yang dapat menyebar ke indung telur, rahim dan saluran tuba. Adapun penyakit yang biasa menyertai seperti kanker serviks, bakteri vaginosis,cervicitis, chlamidya, gonorea, genital warts, PID, infeksi HPV, trikomoniasis, vagina atrofi, kanker vagina, vaginitis, vesikovaginal fistula, rektovaginal fistula serta berbagai penyakit menular seksual.

Sangat disarankan agar segera konsultasikan dan periksakan ke dokter spesialis jika menemukan keputihan yang dirasa tidak normal seperti adanya bau menyengat, keuningan atau kehijauan serta kental dan berlebihan, kemeraha disertai gatal dan pembengkakan di sekitar vagina dan adanya pendarahan atau bercak yang tidak berhubungan dengan haid. Memeriksakan dengan segera akan membantu mengetahui jika terjadi sesuatu yang salah dengan system reproduksi.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!