Jumat, 05 Mei 2017

Cara Menurunkan Berat Badan Sebelum Mengikuti Event Olahraga

Beberapa macam olahraga, termasuk tinju dan gulat, memaksa pesertanya untuk melawan peserta lain yang memiliki berat badan yang termasuk dalam satu kelas. Hal ini telah banyak memaksa para atlet tersebut untuk menurunkan berat badan mereka secara besar-besaran agar dapat melawan kompetitor yang berasal dari kelas yang lebih ringan. Menurunkan berat badan memerlukan anda untuk membakar kalori dalam tubuh melebihi jumlah kalori yang anda asup termasuk dari makanan ataupun minuman. Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk tetap sehat selama anda menjalani diet untuk keperluan tersebut. Anda juga harus tetap ingat untuk menjaga asupan gizi yang cukup agar performa anda tetap terjaga dengan prima.
  1. Tentukan sebanyak apa berat badan yang bisa anda kurangi tanpa mempengaruhi kesehatan ataupun performa bertanding anda. Carilah sebuah kalender dan tandai tanggal kompetisi anda. Hitung seberapa banyak minggu yang tertinggal sebelum even tersebut. Dengan olahraga yang agresif dan berintensitas tinggi disertai pola makan yang sehat, anda bisa mengurangi berat badan anda sebanyak 1 kilogram dalam waktu 1 minggu secara aman.
     
  2. Timbanglah berat badan anda sekarang dan simpan berat badan tersebut sebagai titik awal anda memulai program diet ini. Hitung berat badan anda setiap harinya dan tuliskan dalam kalender aygn telah anda tandai. Hal ini dapat membuat anda waspada terhadap proses pengurangan berat badan anda serta membuat anda lebih termotivasi karena apa yang telah anda lakukan telah menunjukkan hasil yang memuaskan.
     
  3. Lakukan olahraga cardiovascular secara rutin tiap minggunya. Jangka waktu latihan yang direkomendasikan adalah 60 menit setiap harinya untuk mencapai berat tubuh yang optimal. Mayo clinic juga sangat merekomendasikan kegiatan ini karena hal ini lebih efektif untuk membakar kalori dalam tubuh anda. Berlari, bermain roll blade dan lompat tali adalah 3 pilihan teratas untuk memaksimalkan latihan anda.
     
  4. Kurangi jumlah kalori yang anda konsumsi setiap harinya. Anda bisa mengurangi berat badan dengan menyesuaikan pola makan anda. Anda bisa menggunakan berbagai kalkulator kalori online yang ada di internet untuk menentukan besar kalori yang anda makan setiap harinya berdasarkan berat badan dan aktivitas yang anda lakukan. Kurangi 500 dari jumlah kalori yang anda dapatkan dari kalkulator tersebut.
     
  5. Selalu pastikan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh anda sangat diperlukan oleh tubuh anda. Anda masih membutuhkan kalori tersebut untuk memaksimalkan kinerja anda serta sebagai nutrisi untuk mempertahankan performa anda di cabang olahraga yang anda tekuni. Mengkonsumsi karbohidrat kompleks yang berasal dari buah-buahan atau sayur-sayuran adalah cara yang tepat untuk mengembalikan kebugaran tubuh anda.
     
  6. Minum air putih yang cukup setiap harinya. Hal ini sangat diperlukan mengingat jumlah aktivitas yang anda lakukan sangat tinggi. Jika anda kekurangan air, maka performa atlit anda akan semakin berkurang. Air sama sekali tidak mengandung kalori, karena itu zat ini dapat membantu usaha anda untuk mengurangi berat badan anda.
Terkadang ada beberapa atlit tinju ataupun gulat yang menggunakan metode diet yang cukup ekstrem seperti mengurangi jumlah makan secara besar-besaran untuk mendapat berat tubuh yang diinginkan secara cepat. Cara ini sangat tidak direkomendasikan karena dapat menurunkan performa anda secara drastik. Bukan kemenangan yang akan anda dapatkan, malah malu saat di atas ring karena anda tidak bisa menunjukkan performa terbaik yang anda miliki.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)