Rabu, 17 Mei 2017

Bahaya Penyalahgunaan Amphetamin Selama Masa kehamilan

Merupakan golongan simpatomimetik amin yang dipakai untuk mengobati kegemukan, menekan rasa lapar dan kelelahan, bekerja dengan cara merangsang pelepasan katekolamin dari reseptor saraf simpatis, penghambat reuptake, dan menghambat monoamin oksidase yang berperan dalam penguraian katekolamin. Hal ini menyebabkan peningkatan norepinefrin dan dopamin  di ujung saraf. Pada pembuluh darah menyebabkan vasokonstriksi sehingga meningkatkan tekanan darah sistolik dan diastolik serta  meningkatkan frekuensi pernafasan.

Dosis yang berlebihan dapat menyebabkan ketegangan, insomnia, halusinasi, kebingungan, kecemasan, sakit kepala, muka pucat, palpitasi, tekanan darah tidak stabil, aritmia jantung, infark miokard.

Sebagian besar peneliti menemukan penyalahgunaan obat golongan amphetamin bersama obat-obatan / zat lain. Briggs dkk tidak menemukan amphetamin dalam urin bayi yang ibunya mendapat dosis 40 mg dextroamphetamin 6-10 jam sebelum persalinan, hal ini menandakan bahwa amphetamin tidak ditransfer melalui plasenta, namun amphetamin menimbulkan efek perinatal melalui cara lain. Dari 52 pemakai amphetamin yang melahirkan ditemukan perbedaan dalam berat dan panjang tubuh bayi dibandingkan dengan kelompok kontrol, tidak ditemukan komplikasi neonatal yang lain. Namun bila amphetamin dipakai bersama kokain akan meningkatkan kejadian persalinan prematur, pertumbuhan janin terhambat, solusio plasenta dan gawat janin.

Tidak ditemukan kelainan kongenital pada bayi dari ibu pemakai amphetamin namun pernah dilaporkan hubungan antara pemakaian amphetamin prenatal dengan kejadian penyakit jantung kongenital dan bibir sumbing pada bayi. Anak-anak dari pemakai amphetamin menunjukkan perkembangan fisik dan kecerdasan yang normal namun secara statistik menunjukkan tingkah laku agresif yang bermakna dan mempunyai masalah dalam pergaulan dengan teman sebaya.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)