Kamis, 06 April 2017

Menjaga Bentuk Perut Setelah Melahirkan

Menjaga Bentuk Perut Setelah Melahirkan
Menjaga Bentuk Perut Setelah Melahirkan
Bolehkah pakai gurita atau stagen setelah melahirkan?

Kelahiran mungkin merupakan peristiwa yang paling ditunggu-tunggu oleh pasangan yang mengharapkan buah hati. Setelah melalui masa kehamilan, kelahiran merupakan awal baru bagi janin yang tumbuh dan berkembang dalam rahim ibu. Tak heran jika pasangan orang tua selalu menyambut kelahiran dengan suka cita. Untuk menjamin kelancaran proses kelahiran, ada banyak hal yang perlu anda persiapkan mulai dari persiapan mental hingga persiapan kebutuhan bayi anda. Selain itu, anda juga perlu memperhatikan kondisi tubuh anda pasca melahirkan. Selama masa kehamilan, tubuh ibu mengalami perubahan yang diakibatkan oleh pertumbuhan janin dalam kandungan.

Setelah melahirkan, kebanyakan ibu menginginkan agar tubuh mereka kembali langsing seperti sebelum masa kehamilan. Salah satu solusi untuk mengembalikan bentuk tubuh, terutama bentuk perut, sesudah proses kelahiran adalah dengan mengenakan gurita atau stagen.

Penggunaan stagen setelah proses kelahiran sudah dilakukan oleh banyak ibu sejak dulu. Hingga saat ini, banyak ibu yang memilih untuk menggunakan stagen setelah proses kelahiran dengan harapan bentuk perut mereka akan kembali langsing dan kencang seperti sebelum masa kehamilan.

Meski demikian, dunia kedokteran pada dasarnya kurang menganjurkan penggunaan stagen pada ibu selepas proses kelahiran. Alasannya, stagen tidak terbukti dapat memberikan hasil yang positif dalam mengencangkan atau mengecilkan bentuk perut selepas proses kelahiran. Pada saat anda mengenakan stagen, perut anda memang akan terasa lebih kencang. Namun ketika stagen dilepas, otot-otot serta bentuk perut anda akan kembali menjadi kendur seperti sebelumnya. Berbeda dengan stagen, penggunaan gurita pada ibu setelah proses kelahiran cenderung dibolehkan karena gurita tidak seperti stagen yang membalut perut terlalu kencang. Bila anda menjalani proses operasi pada saat melahirkan, anda lebih dianjurkan untuk mengenakan gurita dibandingkan stagen.

Meski penggunaan gurita lebih dianjurkan, ada beberapa hal yang sebaiknya anda perhatikan saat mengenakan gurita. Waktu yang dianjurkan untuk mengenakan gurita adalah minimal seminggu setelah terjadinya proses persalinan. Hal ini ditujukan untuk memberi waktu pada bekas jahitan operasi agar menjadi lebih kering terlebih dahulu.

Mengenakan gurita atau bahkan stagen ketika bekas jahitan belum terlalu kering dapat menyebabkan luka jahitan menjadi kembali terbuka dan bertambah parah. Hal lain yang dianjurkan untuk mengembalikan bentuk perut serta mengencangkan otot-otot perut setelah proses persalinan adalah dengan melakukan latihan senam kegel atau senam nifas.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)