Minggu, 16 April 2017

Mengatasi Lapar Menjelang Haid

Mengatur pola makan menjadi satu tantangan yang harus senantiasa dilakukan oleh wanita saat menginginkan tubuh yang ideal. Melakukan diet ketat mungkin bkanlah masalah besar karena dengan mudah bisa dilakukan tetapi terkadang hal itu menjadi sangat sulit untuk dilakukan, terlebih saat akan memasuki masa haid. Ada istilah ‘ changes during the menstruation period’ yang menggambarkan adanya perubahan secara fisiologis di dalam tubuh yang dipengaruhi oleh perubahan hormone di dalam tubuh yang dipengaruhi oleh perubahan hormone reproduksi. Saat masa datang bulan, terjadi peluruhan pada dinding rahim akibat dari berkurangnya kadar hormone reproduksi. Hal ini bisa mengakibatkan berbagai macam gangguan, salah satunya adalah menguatnya keinginan untuk makan, sehingga mengganggu program diet dan penurunan berat badan.

Penyebab Berat Badan Bertambah Saat Menstruasi

Bertambahnya berat badan menjelang atau saat masa menstruasi mungkin tidak terjadi pada semua wanita. Namun, menurut penelitian para ahli ginekologi, ada dua alasan mengapa berat badan cenderung naik saat masa menstruasi datang, yakni:
  • Terjadinya edema atau retensi air. Saat menstruasi terjadi, kadar hormone menjadi tidak stabil dan terjadilah pembengkakan. Saat hal itu terjadi, tubuh wanita cenderung untuk menyimpan air lebih banyak, terutama di bagian kaki, perut dan tangan.
  • Peningkatan nafus makan. Saat menstruasi terjadi, tingkat gula darah di dalam tubuh menurun yang secara otomatis akan menimbulkan perasaan lapar.

Mengatasi Lapar Menjelang Menstruasi

Seringkali, menjelang masa menstruasi, perasaan lapar meningkat secara drastic dan bahkan pada sebagian wanita menjadi tidak terkontrol. Hal ini disebabkan oleh terjadinya perubahan hormone yang berakibat pada terjadinya penurunan kadar gula darah. Bagi wanita yang tidak dapat mengontrol rasa laparnya, maka mereka cenderung banyak makan, dan hal inilah yang biasanya mengganggu program diet dan menaikkan berat badan. untuk mencegah terjadinya penambahan berat badan secara drastic, maka menjaga agar rasa lapar tidak menyerang menjadi sangat penting untuk dilakukan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar rasa lapar tidak menyerang secara berlebihan, yakni:
  • Saat perasaan ingin ngemil datang, maka sebaiknya mengganti cemilan dengan cemilan sehat, salah atunya dengan buah segar. Selain mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh, buah juga kaya akan serat yang juga akan membantu mengatasi gangguan buang air besar yang juga erring menyerang wanita menjelang menstruasi.
  • Sangat disarankan agar wanita tidak terbiasa melakukan diet terlalu ketat. Menghindari jenis makanan tertentu saat menjalankan program diet justru akan membuat perasaan suka terhadap makanan tertentu datang saat menjelang menstruasi. Oleh karenanya, program diet yang dilakukan hendaknya adalah yang sehat dan seimbang karena akan memaksimalkan hasil yang diperoleh dan tidak akan menimbulkan rasa lapar berlebih saat menstruasi datang.
  • Kurangi makanan asin atau yang mengandung banyak garam. Seperti yang telah kita sebutkan di atas, berat badan naik saat menstruasi datang bisa disebabkan oleh terjadinya penumpukan air; garam membantu mengikat air di dalam tubuh yang menyebabkan pembengkakan dan naiknya berat badan.
  • Olahraga teratur. Hendaknya wanita melakukan olahraga setidaknya 150 menit setiap minggu. Untuk mengatasi rasa lemas setelah berolahraga, dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin penambah darah atau supplemen sejenis. Namun olahraga yang dipilih saat menstruasi hendaknya adalah yang ringan seperti Yoga atau jalan santai.
  • Makan dengan teratur denganporsi dan menu yang cukup. Hal ini akan mencegah datangnya rasa lapar secara berlebih. Menurut penelitian, makan dengan pola yang benar justru akan menghilangkan perasaan ingin ngemil.
  • Perbanyak makan sayur dan buah segar karena mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh dan serat.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)