Minggu, 16 April 2017

Konsultasi Sebelum Kehamilan, Perlukah?

Kehamilan yang sehat dan selamat hingga waktu persalinan tiba serta anak yang lahir sehat dan cerdas merupakan dambaan setiap orang tua dan calon orang tua. Hal ini tidak hanya bisa didapat begitu saja melainkan membutuhkan persiapan yang baik oleh Ibu.

Persiapan yang dilakukan bahkan harus dimulai sebelum kehamilan. Ya, Ibu perlu mempersiapkan kehamilan dengan baik agar dapat mendapatkan pengalaman kehamilan yang mengesankan serta calon bayi yang dapat tumbuh sempurna nantinya.

Penting bagi Ibu untuk berkonsultasi pada dokter kandungan atau bidan sebelum kehamilan atau saat merencanakan kehamilan. Dengan berkonsultasi kepada mereka yang lebih ahli, tubuh Ibu dan pasangan akan bisa diidentifikasi terkait resiko adanya masalah kesehatan pada Ibu dan janin nantinya.

Selain itu, Ibu juga akan lebih siap secara fisik dan psikis untuk menghadapi kehamilan nantinya. Ibu dan pasangan dapat melakukan konsultasi sebelum kehamilan ini sejak satu bulan sebelum hari pernikahan atau sebelum perencanaan kehamilan kedua. Hal ini akan sangat berguna dalam mempersiapkan kehamilan seorang anak yang cemerlang.

Beberapa Hal yang Dapat Ditanyakan Saat Konsultasi

Saat mengkonsultasikan rencana kehamilan kepada dokter atau bidan, tentu saja harus ada banyak informasi yang Ibu dapatkan seputar persiapan kehamilan, diantaranya yaitu;
  • Informasi tentang riwayat kesehatan

Beberapa informasi seputar riwayat kesehatan akan ditanyakan oleh dokter atau bidan saat konsultasi pra kehamilan ini. Dengan adanya informasi ini, mereka dapat mengidentifikasi apakah terdapat penyakit yang dapat berpengaruh pada kesehatan Ibu dan janin saat hamil nanti. Serangkaian tes kesehatan pun dapat dilakukan seperti tes urin dan darah.

Utarakan pada dokter atau bidan Ibu tentang riwayat penyakit yang juga pernah diderita oleh pasangan, Ibu dan Ayah yang mungkin dapat menurun. Selain itu, informasikan juga jika dalam keluarga Ibu terdapat anggota keluarga yang menderita cacat bawaan.

Semua informasi ini akan memudahkan mereka untuk memberikan solusi dan saran terkait perencanaan kehamilan Ibu. Dengan begitu semua resiko dapat dicegah dan kehamilan yang direncanakan akan menjadi lebih sehat.
  • Informasi tentang riwayat reporduksi
Informasi seputar kesehatan system reproduksi tentu saja menjadi hal penting yang harus Ibu konsultasikan kepada bidan atau dokter. Hal ini diperlukan untuk menentukan sbeerapa sehat dan beresikonya kehamilan yang akan Ibu jalani.

Beberapa hal utama yang biasa ditanyakan antara lain tentang siklus menstruasi dan jenis penyakit yang pernah diderita terkait organ reproduksi atau infeksi. Bagi Ibu yang konsultasi untuk kehamilan kedua, riwayat keguguran, jenis KB yang dipilih, serta masalah yang dihadapi pada kehamilan pertama merupakan beberapa pertanyaan yang juga akan ditanyakan.

Dengan beberapa informasi seputar reproduksi ini, dokter atau bidan akan menentukan tingkat kesiapan Ibu untuk hamil dan memberikan solusi jika terdapat suatu masalah.
  • Informasi seputar Obat yang sedang Dikonsumsi
Beberapa jenis obat tentu akan sangat berpengaruh pada kehamilan. Jadi jika Ibu sedang mengkonsumsi obat – obatan tertentu, dokter akan melihat seberapa besar pengaruhnya pada kehamilan. Jika memang cukup berpengaruh, dokter akan menggantinya dengan obat dengan dosis yang aman dan tidak berpengaruh pada kesehatan janin nantinya.
  • Saran Seputar Berat Badan
Berat badan yang ideal tentu saja hal terbaik yang juga dapat mendukung kesehatan kehamilan dengan sempurna. Ibu akan disarankan untuk menjaga berat badan ideal tidak terlalu gemuk atau kurus sehingga tubuh akan selalufit serta tidak ada permasalahan kesehatan yang muncul saat hamil.
  • Informasi Seputar Gaya Hidup
Gaya hidup yang sehat tentunya akan sangat berpengaruh pada kehamilan calon Ibu nantinya. Dokter atau bidan akan menggali informasi seputar pola makan, olah raga, pola tidur dan juga apakah Ibu merupakan seorang perokok atau pengkonsumsi minuman berakohol.

Ibu diwajibkan untuk memiliki pola hidup sehat sebelum dan selama kehamilan agar janin yang tumbuh akan menjadi sehat juga. Penuhi nutrisi dengan baik dan dokter akan meresepkan beberapa vitamin tambahan jika memang diperlukan.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)