Jumat, 14 April 2017

Kesehatan Jantung Berpengaruh pada Kehamilan Anda?

Salah satu penelitian mengenai sulitnya wanita untuk hamil salah satu penyebabnya adalah jantung yang terganggu kesehatannya. Jantung yang mengalami gangguan kesehatan akan memberikan pengaruh terhadap darah, dimana pasokan darah di dalam tubuh akan terhambat. Terhambatnya pasokan darah akhirnya memberikan dampak lain dimana gangguan lainnya juga datang.

Berikut ini ada beberapa akibat dari terganggunya kesehatan jantung terhadap kehamilan yang dijalani oleh ibu:
  1. Resiko terjadinya kelainan jantung yang bersifat bawaan. Penting untuk ibu mengetahui adanya gangguan kesehatan jantung sebelum masa kehamilan direncanakan. Hal ini harus diwasapadai agar tidak terjadi gangguan lain seperti masalah komplikasi yang menyebabkan resiko yang terjadi dua kali lipat lebih parah.

    Bisa-bisa ketika sudah menjalani proses persalinan, ibu mengalami kolaps hingga meninggal. Penyebabnya adalah posisi dari jantung dan paru-paru yang mengalami kelainan. Sebaiknya, jika mengetahui sudah mempunyai penyakit jantung bawaan ini, kehamilan ditunda dulu. Penundaan dimaksudkan untuk menghindari kelainan dan juga komplikasi, termasuk sesuatu yang tidak bisa dideteksi yaitu kematian.
     
  2. Kehamilan bisa sulit terjadi jika mengalami gagal jantung. Jantung tidak akan mampu memompakan darah untuk mencukupi kebutuhan tubuh. Akibatnya, gagal jantung juga akan membuat kondisi calon ibu menjadi lebih rentan terhadap rasa lelah sehingga mengalami kelelahan yang berlebih. Untuk itu, ketika ibu yang mengalami gagal jantung hamil, dalam menjaga kehamilannya harus benar-benar diperhatikan.

    Zat besi merupakan zat gizi yang penting untuk bisa dikonsumsi dari setiap asupan makanan yang dikonsumsinya. Anemia akan bisa dicegah oleh konsumsi zat besi ini. Selain itu, zat besi juga akan menjaga berat badan agar tidak mengalami kenaikan yang berlebih. Menjelang masa melahirkan datang yaitu tri semster akhir, ibu yang sedang hamil dengan kondisi kesehatan mengalami gagal jantung, harus mendapatkan perhatian khusus. Kondisi kesehatan dari bayi yang berada dalam kandungan akan terpengaruh.

    Bayi bisa saja lahir secara prematur bahkan bisa saja bayi mengalami hal buruk dengan meninggal walaupun masih di dalam kandungan dikarenakan serangan jantung yang terjadi. Persalinan akan membuat kondisi dari jantung ibu berkerja meningkat dengan pompaan darah 20% lebih banyak dibandingkan yang biasanya. Hal tersebut terjadi karena saat melahirkan jumlah darah dari rahim akan mengalami peningkatan.

    Bius epidural adalah salah satu pertolongan yang akan diberikan bagi ibu yang harus melahirkan dengan kondisi mengalami gagal jantung tersebut. Bius tersebut akan membuat korda spinalis ibu ketika melahirkan mati rasa. Karena, jika ibu mengejan maka pasokan oksigen untuk bayi akan berkurang. Untuk itu, cara lain yang biasanya dianjurkan dokter untuk proses persalinannya adalah dengan jalan bedah caesar.
     
  3. Salah satu jenis gangguan pada jantung yaitu rematik. Rematiknya jantung adalah akibat dari komplikasi pada demam rematik yang sebelumnya terjadi. Kondisi ini adalah kondisi dimana katup pada jantung menyempit, khususnya pada katup mitral. Akibat penyempitan katup tersebut, jantung akan mengalami denyut yang meningkat dengan volume dari darah yang memberikan beban kerja.

    Hal tersebut akan berakibat terjadinya edema paru dimana ada cairan yang kembali lagi ke paru-paru. Jika penyakit ini dialami ketika masa kehamilan masih direncanakan, sebaiknya katup mitral dioperasi terlebih dahulu. Jika sudah terlanjur hamil, ibu hamil harus bisa menjaga kehsehatannya agar kondisinya bisa tetap sehat dengan tidak melakukan hal yang bisa membuat fisik lelah berlebih maupun psikis yang membuat ibu cemas.

    Tindakan penceghan dengan antibiotik ketika proses persalinan berlangsung akan meningkatkan resiko infeksi. Resiko infeksi juga bisa terjadi jika nanti ibu yang telah melahirkan dicabut giginya atau ketubannya pecah saat hamil lagi.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)