Minggu, 02 April 2017

Gerakan Senam bagi Ibu Hamil

Gerakan Senam bagi Ibu Hamil
Gerakan Senam bagi Ibu Hamil
Berbagai keluhan yang dirasakan oleh ibu hamil diantaranya adalah kelelahan, sensitif, serta rasa cemas. Namun, keluhan ini senantiasa dikurangi oleh ibu hamil dengan selalu menjaga kesehatannya serta bayinya melalui asupan nutrisi yang sehat yang dikonsumsinya. Ibu hamil juga berusaha untuk selalu menjaga daya tahan tubuhnya.

Di samping dengan cara tersebut, ibu hamil juga wajib menjaga kesehatannya dan bayinya termasuk cara mengurangi keluhannya dengan berolahraga. Salah satu olahraga yang disarankan dan diperuntukan untuk ibu hamil adalah senam hamil.

Senam hamil merupakan olahraga khusus untuk ibu hamil yang gerakannya merupakan terapi untuk melemaskan otot-otot tubuh ibu hamil dan melancarkan peredaran darahnya. Selain itu, senam hamil juga memberikan efek menenangkan karena beberapa gerakannya akan membantu ibu hamil agar mudah saat melakukan proses kelahiran. Sehingga, ibu hamil tidak cemas menjalani kehamilan serta menghadapi proses kelahiran nantinya.

Mengingat gerakan senam ibu hamil berbeda dari senam pada umumnya, maka untuk melakukannya memerlukan instruktur yang memang diperuntukan untuk melatih kegiatan senam hamil ini. Apalagi beberapa dari ibu hamil merasa senam hamil ini malah berbahaya bagi bayi, sehingga tidak jarang yang merasa takut melakukannya. Bagi ibu hamil, senam hamil ini ternyata latihannya bisa dilakukan di rumah. Gerakannya juga termasuk gerakan aman dan dapat membantu ibu hamil mengurangi keluhannya.
  1. Gerakan latihan yang pertama ini bisa dilakukan oleh ibu hamil ketika bersantai seperti duduk pada kursi saat menonton televisi. Mulai latihan dengan mengangkat sebelah kaki dengan posisi lurus hingga sejajar dengan kursi yang ditempati. Gerakan ini dilakukan pada kaki lain bergantian dan ditahan beberapa menit dalam posisi tersebut.
  2. Sama seperti gerakan latihan pertama, gerakan kedua ini juga dilakukan saat sedang santai. Pertama-tama dalam melakukan gerakannya yaitu dengan menegakan badan dan kaki diposisikan bersila serta tangan di depan ditambah dengan pikiran yang dibuat tenang. Gerakan ini merupakan salah satu gerakan dalam latihan senam hamil di rumah yang sesering mungkin dapat dilakukan. Efeknya bukan hanya pada punggung saja yang akan lebih enak tetapi juga pikiran ibu hamil lebih tenang.
  3. Ketika hendak tidur pada malam hari pun latihan senam hamil juga bisa dilakukan. Gerakannya yaitu membaringkan badan dengan posisi miring atau terlentang. Kaki diangkat ke atas sedangakan tangan perlahan memegang lutut. Latihan ini diikuti dengan mengatur nafas di setiap gerakannya.
  4. Sejajarkan lutut dan telapak tangan dengan lantai dan buat posisi badan merangkak. Posisi ini kemudian diikuti beberapa gerakan latihan kecil. Gerkan kecil yang pertama adalah menundukan kepala dan pandangan diarahkan pada pada perut bagian bawah, gerakan ini juga bersamaan diikuti dengan pinggang yang diangkat.

    Selanjutnya, pinggang diturunkan seiring kepala yang diangkat kembali. Selain embantu ibu hamil melemaskan otot perut dan pinggulnya, gerakan ini dapat membantu ibu hamil melakukan latihan pernafasan dengan mengaturnya di setiap gerakan yang dilakukan. Ini sangt berguna untuk proses kelahiran nanti, sehingga latihan dilakukan sesering mungkin secara teratur.
  5. Lakukan gerakan latihan santai selanjutnya yaitu gerakan menempatkan posisi yang mengangkang. Alasi tempat duduk dengan bantal atau bisa juga matras. Gerkan tubuh ke dengan mencondongkannya ke belakang. Gunakan tangan sebagai penahannya pada lantai. Sebagai tambahan dari latihan ini, kaki pun harus digerakan mulai dari ke atas lalu ke bawah, kemudian ke samping kiri dan ke samping kanan bergantian. Ulangi gerakannya secara berulang.
  6. Terakhir, latihan berupa posisi merangkak. Selanjutnya, buat kepala menyender pada lantai dengan tangan yang tangan direntangkan. Posisi lutut juga harus tetap tegak. Tahanlah gerakan ini selama beberapa menit dengan kepala ditolehkan ke kanan dan ke kiri bergantian. Melakukan gerakan ini hanya ketika mampu dan jika sudah lelah maka tidak perlu dipaksakan.
Seluruh gerakan tersebut haruslah di tiap gerakannya dikombinasikan dengan latihan pernafasan. Sehingga, pernafasan pun akan terlatih karena ini akan berguna bagi proses persalinan nanti.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)