Minggu, 02 April 2017

Cara Menghilangkan Jerawat

Cara Menghilangkan Jerawat
Cara Menghilangkan Jerawat
Pernah ingat kapan pertama kali muncul jerawat membandel di wajah Anda? Mungkin kita semua mengalaminya hampir di masa yang sama, yakni masa-masa remaja. Orang sering bilang, bahwa saat ABG (anak baru gede) mengalami jerawatan di wajahnya, berarti ABG tersebut sudah mengenal cinta. Sudah mulai beranjak dewasa dan paham lawan jenis.

Pendapat umum tersebut ada benarnya. Salah satu penyebab jerawat muncul di wajah kita memang adalah karena perubahan hormon dalam tubuh. Dan perubahan hormon dalam tubuh itu biasanya terjadi memang ketika kita menginjak masa remaja dan mengalami masa pubertas. Masa itu adalah masa peralihan seorang manusia dari masa anak-anak ke masa dewasa.

Pada awal pubertas tersebut, banyak hormon tubuh yang aktif atau dilepaskan. Lihat saja perubahan tubuh remaja. Banyak sekali tanda-tanda kedewasaan yang tumbuh. Biasanya untuk remaja laki-laki suaranya akan semakin berat dan tumbuh jakun di lehernya. Sementara para perempuan akan mengalami masa haid dan payudaranya akan mulai tumbuh.

Salah satu hormon yang dilepas oleh tubuh adalah hormon androgen. Tak peduli laki-laki atau perempuan, kita semua memiliki hormon ini. Aktifnya hormone ini biasanya mempengaruhi produksi kelenjar minyak di tubuh kita. Kelenjar minyak di kulit biasanya akan memproduksi minyak lebih banyak sehingga kulit akan cenderung lebih berminyak. Bagian kulit tubuh yang lebih berminyak biasanya adalah bagian leher, punggung, dada, pundak, leher dan terutama adalah wajah.

Dampaknya kulit berminyak salah satunya adalah sering munculnya jerawat. Tak heran, hampir semua orang di masa ABG banyak mengalami masalah jerawat terutama di wajahnya dan di tempat-tempat munculnya minyak misalnya di punggung, dada atau leher. Secara proses, biasanya kelebihan minyak akan membuat pori tersumbat sehingga hal itulah yang memicu munculnya peradangan di kulit yang sering kita sebut dengan jerawat. Jerawat ini jenisnya sangat bermacam-macam. Sangat tergantung pada jenis kulit, penyebab dan tingkat kerusakan kulit yang akan di timbulkan.

Jadi, tak perlu heran bil anak-anak remaja sering mengalami jerawat. Memang sudah masanya. Entah karena sudah mengenal cinta atau belum. Yang menjadi masalah kemudian adalah, bahwa di masa peralihan tersebut biasanya seorang remaja sedang mencari jati dirinya. Dan kehadiran jerawat bisa saja menghalangi proses situ dan membuat remaja tersebut minder sehingga menghindari pergaulan.

Anda pasti tak ingin hal ini terjadi pada anak remaja di dekat Anda kan? entah itu anak, keponakan, adik atau sepupu Anda. agar hal ini tak terjadi, bantulah mereka untuk merawat dan mulai peduli pada kesehatan kulitnya. Tak perlu perawatan yang mahal dan susah-susah. Cukup dengan mempratikkan hal berikut ini.
  1. Teratur membersihkan muka. Meskipun sebenarnya kemunculan jerawat tidak ditentukan oleh bersih atau tidaknya muka seseorang, namun mencuci muka akan paling tidak akan membantu wajah melunturkan minyak-minyak yang menumpuk di kulit dan mengangkat sisa sel kulit mati yang bisa menyumbat pori. Bersihkan muka dua kali sehari yaitu pagi dan malam hari.
  2. Jagalah kebersihan rambut Anda. rambut adalah salah satu organ yang sangat dekat dengan wajah. Rambut yang berminyak karena kotor atau kosmetik rambut dapat bisa berpindah ke wajah dan bercampur dengan minyak di wajah. Tentu hal ini juga bisa menjadi faktor penyumbat pori dan bisa membuat jerawat bertambah parah. Jadi kebersihan rambut sangat perlu dijaga.
  3. Hati-hati memilih kosmetik. Hindari kosmetik yang mengandung minyak. Sebaiknya pilih yang berbahan dasar air.
  4. Jauhi stres. Salah satu yang bisa membuat hormon makin aktif adalah stress yang berkepanjangan. Oleh sebab itu stres harus sangat dihindari.
  5. Atur pola makan sehat. agar kulit sehat dan mulus, kulit butuh nutrisi. Oleh sebab itu, para remaja harus menjaga pola makannya agar elastisitas dan kesehatan kulitnya terjaga.
  6. Rajin merawat diri. Tak harus selalu yang mahal. tapi ke salon sesekali untuk cuci muka, masker atau melakukan perawatan diri lainnya tentu tak ada salahnya. Atau Anda bisa kok melakukan perawatan sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami.
Dengan melakukan langkah-langkah di atas, dijamin wajah remaja akan lebih mulus dan terbebas dari jerawat. So, tunggu apalagi? Selamat mencoba.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)