Selasa, 25 April 2017

Cara Menghitung Masa Subur Yang Tepat

Masa subur bagi wanita merupakan hal penting jika seseorang mengharapkan pembuahan yang sempurna setelah melakukan hubungan badan. Untuk mendapakan pembuahan pada ovum ternyata tidak sembarangan, karena ada hitungan dimana ada masa-masa sel telur wanita sedang subur dan siap untuk dibuahi. Biasanya cara menghitung masa subur ini dipelajari oleh pasangan suami istri yang sudah siap untuk mempunyai buah hati.

Banyak sekali wanita yang mengalami masalah ketidaksuburan bertanya tentang tips cepat hamil namun ternyata masih kurang memperhatikan esensi dari masalah yang sebenarnya. Dengan mengabaikan hubungan suami istri yang dilakukan di masa subur, tentunya akan mengurangi peluang untuk hamil.

Memang benar bahwa beberapa menu makanan bisa dijadikan salah satu metode dalam program hamil sebagai salah satu upaya melakukan berbagai cara cepat hamil, namun perlu diketahui bahwa masa subur sangatlah penting. Cara menghitung masa subur wajib diketahui oleh semua wanita khususnya yang bermasalah dengan ketidaksuburan.

Banyak cara yang digunakan untuk menghitung masa subur seorang wanita, seperti dengan sistem kalender. Cara menghitung masa subur dengan metode kalender juga terbagi lagi menjadi 2 bagian yaitu bagi seorang wanita yang masa haidnya teratur dan wanita yang masa haidnya tidak teratur.

Cara Menghitung Masa Subur Berdasarkan Masa Haid

Bagi wanita yang masa haidnya teratur masa suburnya adalah 14+/-1 dari haid berikutnya. Itu berarti masa suburnya berada pada hari ke 13 sampai ke 15 sebelum tanggal haid yang akan datang.

Bagi wanita yang masa haidnya tidak teratur maka pertama-tama yang harus dilakukan adalah mencatat panjang dari siklus haid sekurang-kurangnya selama 6 siklus. Dari jumlah siklus terpanjang tersebut dikurangi 11 maka akan diperoleh masa subur. Dan setelah itu menghitung masa haid terpendek dikurangi 18 dan mendapatkan hasil masa subur. Contohnya masa panjang siklus 31 dan siklus terpendek 26. Maka 31-11 = 20 dan 26-18 = 8, sehingga diperkirakan masa subur Anda akan berlangsung pada hari ke 8 sampai hari ke 20.

Demikianlah cara menghitung masa subur. Mudah-mudahan bermanfaat bagi Anda. Silahkan share artikel kami ini di Facebook untuk menyebarkan informasi yang penting ini agar bisa membantu saudara-saudara kita yang lain yang sedang mengalami masalah yang sama.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!