Rabu, 26 April 2017

Apakah Latihan Cardio Cara Terbaik Untuk Menurunkan Berat Badan?

Ketika anda ingin menurunkan berat badan atau mengurangi tumpukan lemak dalam tubuh anda, maka sangat penting untuk memformulasikan program olahraga yang sangat efektif bagi anda. Jika anda ingin mengurangi berat badan dan membakar kalori dengan sangat cepat, maka ada baiknya untuk memasukkan cardio dan latihan beban dalam program diet anda. Kedua jenis olahraga ini sangat baik untuk membakar lemak anda dengan efektif dan cepat. Tingkat pembakaran kalori pada masing-masing jenis olahraga dapat disesuaikan dengan sangat mudah bergantung pada intensitas cardio dan beban latihan yang anda terapkan.

Gerakan olahraga aerobik yang anda lakukan akan membakar lemak dengan memecah triglycerides menjadi free fatty acids yang kemudian akan digunakna sebagai sumber energi utama dalam setiap aktivitas yang anda lakukan. Olahraga aerobic yang dilakukan secara rutin juga bisa menyebabkan aliran darah ditubuh anda menjadi lebih lancar yang menyebabkan proses pembakaran lemak untuk energi berjalan dengan sangat efisien. Sebenarnya, jaringan lemak yang tersimpan dalam tubuh merupakan sumber energi utama yang digunakan dalam setiap olahraga cardio yang anda lakukan secara rutin.

Ketika anda akan mulai melakukan olahraga cardiovascular, maka sangat disarankan untuk mengetahui intensitas latihan yang anda inginkan beserta durasi dan jenis olahraga cardio yang anda sukai untuk membakar lemak tubuh dengan lebih efektif. Sebagai sebuah contoh, berlari dengan kecepatan 7 mil perjam selama 30 menit akan membakar kalori lebih banyak daripada anda berjalan dengan kecepatan 3 mil perjam dalam waktu 30 menit. Olahraga cardio dengan intensitas yang tinggi akan membakar kalori jauh lebih banyak daripada olahraga cardio dengan intensitas yang lebih rendah walaupun seringkali tidak dapat dilakukan dalam jangka waktu yang lama bila belum terbiasa. Walaupun begitu, terlalu banyak berolahraga cardio dengan intensitas tinggi dapat menyebabkan kelelahan yang terlalu berlebih serta peningkatan level cortisol yang menyebabkan kehilangan jaringan otot secara permanen.

Latihan beban adalah salah satu jenis latihan yang sangat penting ketika anda ingin menurunkan berat badan anda secara signifikan. Hal tersebut tidak hanya dikarenakan latihan ini membantu mempertahankan metabolisme tubuh tetapi juga meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sesi latihan beban yang anda lakukan bila dilakukan dengan intensitas yang lebih tinggi dapat menyebabkan pembakaran kalori yang jauh lebih banyak dan meningkatkan jaringan otot di saat yang bersamaan. Proses ini akan menyebabkan proses penurunan berat badan anda menjadi lebih efektif dan efisien. Latihan beban dengan intensitas tinggi biasanya dilakukan dengan beristirahat di antara set dan kelelahan biasanya akan menghampiri anda setelah 8 sampai 12 pengulangan dalam setiap set.

Mulailah latihan anda dengan latihan cardio selama 3 sampai 4 hari setiap minggunya dengan durasi 30 menit setiap harinya. Jika anda telah terbiasa, maka anda bisa meningkatkan intensitas latihan anda sedikit demi sedikit. Untuk memaksimalkan proses pembakaran lemak, anda harus mentarget kerja jantung anda sampai dengan 60 atau 75 detak jantung per menit dibanding detak jantung normal anda. Variasikan latihan cardio anda agar terhindar dari penurunan berat badan yang berlebih atau latihan yang terlalu berlebihan. Lakukan satu sampai dua sesi dengan 75 persen detak jantung normal anda sebelum melanjutkan latihan yang bisa mencapai 60 persen kerja jantung anda. Sebagai tambahan anda juga bisa melakukan 3 sampai 4 latihan beban dalam seminggu untuk membantu meningkatkan kinerja penurunan berat badan anda.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)