Senin, 13 Maret 2017

Ulasan Lengkap Mengenai Persalinan Prematur

Ulasan Lengkap Mengenai Persalinan Prematur
Ulasan Lengkap Mengenai Persalinan Prematur
Persalinan yang terjadi pada usia kehamilan antara minggu ke-27 dan 37 merupakan persalinan prematur. Sebagian besar persalinan prematur terjadi karena direncanakan oleh dokter spesialis kandungan karena satu atau beberapa alasan kesehatan. Namun ada juga beberapa kasus dimana persalinan prematur terjadi tanpa direncanakan sebelumnya.

Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya persalinan prematur adalah:
  • Rahim yang berkembang terlalu cepat karena ada lebih dari satu janin di dalamnya aau karena jumlah air ketuban terlalu banyak.
  • Inkompetensi leher rahim (leher rahim tidak menutup dengan rapat)
  • Pecahnya membran yang menahan air ketuban (pecah ketuban) terlalu dini
  • Infeksi saluran kencing pada ibu
  • Ibu bekerja terlalu keras, mengalami stress , menderita anemia atau kurang gizi.
Dengan perawatan khusus, bayi yang lahir prematur pada usia kehamilan di atas 24 minggu akan bisa bertahan. Setelah usia kehamilan melewati 30 minggu, peluang untuk bertahan meningkat hingga 90% dan 80% bayi akan berkembang dengan sempurna dengan perawatan khusus.

Apa yang bisa anda lakukan jika anda mengalami persalinan prematur? 
  • Jika anda mengalami pecah ketuban, segera ke rumah sakit.
  • Kondisi anda akan dipantau untuk mengetahui apakah anda mengalamai gejala-gejala infeksi seperti deman. Jika memang terjadi infeksi, anda akan diberikan antibiotik.
  • Persalinan umumnya akan terjadi setelah anda mengalami pecah ketuban. Tapi jika persalinan tidak terjadi secara spontan, dokter biasanya akan mempertahankan janin hingga usia kehamilan mencapai 37 minggu kecuali terjadi hal-hal darurat.
  • Saat air ketuban anda pecah, persalinan akan berlangsung dengan normal.
  • Pada umumnya, persalina prematur cenderung berlangsung dalam waktu yang lebih singkat dan lebih mudah dibandingkan dengan persalinan pada usia kehamilan penuh (40 minggu) karena ukuran kepala bayi lebih kecil dan tulang tengkoraknya lebih lunak.
  • Biasanya dilakukan prosedur episiotomi. Kadang-kadang juga digunakan forceps untuk membantu persalinan.
  • Persalinan melalui operasi caesar juga umum dilakukan, khususnya jika janin mengalami stres.
Apa peran rumah sakit?
  • Jika tanda persalinan terjadi pada usia kehamilan antara 24-34 minggu, persalinan akan ditunda dengan bantuan steroid. Tujuannya adalah agar paru-paru janin bisa berkembang dengan lebih sempurna. Bayi lahir prematur memiliki peluang yang lebih besar untuk mengalami sindrom gangguan pernafasan akibat waktu kehamilan yang lebih singkat.
  • Di rumah sakit, tanda terjadinya infeksi dapat dideteksi lebih dini dan kondisi janin dapat dipantau. Segera setelah dilahirkan, bayi lahir prematur akan dipindahkan ke unit perawatan intensif (ICU).
  • Jika rumah sakit tempat anda bersalin tidak memiliki fasilitas untuk merawat bayi prematur (Neonatal Care Unit), anda mungkin harus dipindahkan ke rumah sakit lain yang memiliki fasilitas tersebut.
  • Jika anda merasa terlalu cemas dengan kondisi anda, dokter mungkin akan memberikan obat penenang dalam dosis ringan.
Apa yang bisa anda lakukan jika anda beresiko mengalami persalinan prematur? 
  1. Hindari stres selama anda hamil. Tidak usah mencoba hal baru atau membuat rencana macam-macam. Manjakan diri anda. Memanjakan diri atau bahkan bermalas-malasan selama hamil bukan berarti anda egois. Anda kan hanya merawat diri anda sendiri dan janin anda.
  2. Jika terjadi perubahan sekecil apapun, informasikan kepada dokter atau klinik anda.
  3. Simpan nomor-nomor telpon penting di tempat yang mudah dilihat. Simpan daftar ini dalam tas anda, tempel di kulkas atau simpan di samping pesawat telpon.
  4. Anda mungkin khawatir bahwa orang lain (misalnya dokter atau perawat) menganggap anda hanya mengalami kecemasan yang berlebihan. Tidak usah khawatirkan soal ini.
  5. Simpan referensi anda soal persalinan prematur, misalnya buku atau catatan dari dokter, di tempat yang mudah dijangkau. Pastikan bahwa anda akan dapat dengan mudah membacanya jika terjadi hal-hal yang aneh atau mencurigakan dengan kehamilan anda.
  6. Ceritakanlah kecemasan atau ketakutan anda kepasa suami atau teman anda, jangan dipendam sendiri.
  7. Hindari aktifitas yang berat
  8. Tidak usah mengerjakan semua pekerjaan rumah tangga dalam satu hari. Anda bisa mengerjakannya di hari yang lain.
  9. Jika anda seorang pekerja kantoran, ambillah cuti anda lebih awal. Sertakan catatan dari dokter spesialis kandungan yang menyatakan bahwa bekerja bisa membahayakan kandungan anda.
  10. Hindari mengangkat barang atau tas yang berat.
  11. Sempatkan waktu anda untuk duduk dengan kaki terangkat selama mungkin.
  12. Tanyakan pada dokter anda tentang hubungan intim dengan suami. Dalam kebanyakan kasus, jika anda beresiko melahirkan prematur, dokter akan melarang anda untuk berhubungan intim selama anda hamil, khususnya pada usia kehamilan di atas lima bulan.
Karakteristik Umum Bayi Prematur

Dalam beberapa hal, bayi prematur memiliki perbedaan dengan bayi yang lahir cukup bulan, tapi biasanya perbedaan-perbedaan ini hanya berlangsung untuk sementara.
  • Bayi prematur memiliki berat badan yang rendah, kepala dan tangan yang besar dibandingkan ukuran tubuhnya.
  • Bayi prematur berukuran kecil, berkulit merah, berkeriput dan rapuh.
  • Pembuluh darah mereka terlihat jelas di bawah permukaan kulit yang pucat karena tipisnya lapisan lemak yang mereka miliki.
  • Kulit tubuh mereka ditutupi lapisan rambut halus (lanugo)
  • Fungsi-fungsi motorik mereka misalnya dalam bernafas dan makan kurang efisien.
  • Mereka cenderung rewel selama beberapa hari setelah lahir, tapi bisa diatasi dengan perawatan yang lembut, ruangan yang tenang dan tentu saja cinta.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)