Sabtu, 25 Maret 2017

Tips Merawat Kuku Jari

Tips Merawat Kuku Jari
Tips Merawat Kuku Jari
Siapa yang tak ingin memiliki jari-jari lentik dengan deretan kuku-kuku yang sehat dan cantik? Kuku yang sehat adalah kuku yang terawat dan bersih higienis. Ternyata untuk mendapatkan kuku yang sehat dan cantik bukan hanya dibutuhkan perawatan, tetapi bisa didapatkan pula dari asupan makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan tentang bagaimana sebaiknya memperlakukan kuku Anda agar kuku Anda tetap cantik dan sehat.
  1. Berhenti menggigiti kuku. Kebiasaan menggigit kuku, bisa membuat kuku menjadi jelek, rapuh dan robek. Potong kuku dengan menggunakan pemotong kuku dan gunakan kikir untuk meratakan bagian yang kurang rata dan jangan menggigitnya. Dan jangan memotong kuku jika kuku sudah pendek.
  2. Jangan mencabut kutikula. Apabila ada kulit kutikula yang terkelupas, mencabutnya bisa mengakibatkan infeksi bakteri atau jamur.
  3. Selalu bersihkan bagian bawah kuku,dengan menggunakan alat pembersih kuku atau dengan sikat kuku. Jangan membersihkannya dengan menggunakan benda tajam. Membersihkan bagian bawah kuku sangat penting untuk menjaga kuku tetap hegienis dan tidak menjadi sarang bakteri.
  4. Lindungi kuku dan kutikula Anda saat melakukan pekerjaan kotor seperti membersihkan rumah atau berkebun. Tips yang bisa Anda lakukan adalah dengan menancapkan kuku pada sabun batang. Hal ini dimaksudkan agar kotoran tidak melekat di kuku dan mudah dibersihkan.
  5. Hindari produk pembersih dan bahan kimia yang dapat merusak dan membuat kuku Anda menjadi kering. Gunakanlah sarung tangan karet saat Anda membersihkan kamar mandi, mencuci piring atau tugas-tugas lain yang membuat Anda bersentuhan dengan produk pembersih atau bahan kimia. Jangan lupa oleskan hand body atau pelembab tangan sebelum mengenakan sarung tangan.
  6. Hindari bersentuhan dengan detergen terlalu lama atau mencuci pakaian dan peralatan dengan air panas karena akan membuat kuku Anda menjadi kering dan kusam.
  7. Gunakanlah selalu pelembab tangan agar kuku dan kutikula tidak kering dan rapuh. Letakkan krim tangan di dekat dapur agar Anda bisa menggunakannya sewaktu-waktu setelah mencuci piring atau tangan. Jangan berada terlalu lama di bawah terik matahari atau berenang karena akan membuat kuku kering, pertahankan kelembabnnya dengan sering mengoleskan pelembab ke tangan dan kuku Anda.
  8. Apabila Anda suka mengenakan cat kuku, sekali-sekali biarkanlah kuku Anda bebas dari cat kuku untuk membuatnya bisa bernafas. Dan oleskan krim kulit pada kuku tiap kali akan mandi untuk membuat warna cat kuku Anda lebih awet. Apabila ingin menghapus cat kuku sebaiknya menggunakan cairan penghapus cat kuku bukan dengan benda tajam.
  9. Perhatikan asupan nutrisi Anda. Konsumsi makanan yang kaya akan protein, kalsium  dan vitamin terutama vitamin A untuk menjaga agar kuku Anda tidak rapuh seperti ayam, kedelai, tahu, telur dan daging, juga sayur serta buah-buahan. Jika Anda merasa makanan yang Anda konsumsi kurang vitamin, Anda bisa menggantinya dengan multivitamin.
  10. Hindari memperlakukan kuku sebagai alat seperti mencabut straples karena akan membuat kuku patah dan rusak.
  11. Agar tetap higienis, simpan peralatan manicure Anda di tempat yang tertutup.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)