Jumat, 31 Maret 2017

Tips Atasi Kelelahan Menjadi Ibu Baru

Tips Atasi Kelelahan Menjadi Ibu Baru
Tips Atasi Kelelahan Menjadi Ibu Baru
Rasa senang saat mengetahui kehamilan, kemudian dengan penuh kasih sayang menjaga sang bayi dalam kandungan meskipun dengan keadaan berat. Ketika menjelang kelahiran, rasa takut ibu singkirkan demi melihat wajah bayi sesegera mungkin.

Jika melahirkan dikatakan sebagai perjuangan terakhir dari proses menjadi seorang wanita yang memiliki kodrat sebagai seorang ibu, hal itu tidak benar. Justru dari sinilah awal mula dari kodrat seorang ibu itu dimulai. Bahkan ketika masih harus melewati masa nifas, ibu harus menyusui bayi dengan ASI dan sudah pasti dengan waktu yang tidak tentu termasuk tengah malam sekalipun. Kelelahan pada ibu baru melahirkan pun pasti terjadi.

Bagi yang baru menjadi ibu dengan kehamilan pertamanya, sangat disarankan untuk mengikuti kelas pasca persalinan, termasuk di dalamnya dapat diketahui bagaimana mengatasi rasa lelah.

Masalah menyusui dan masalah nifas adalah masalah yang akan ibu baru alami pasca melahirkannya. Kelelahan serta letih yang luar biasa adalah yang dirasakannya. Ini merupakan masalah yang wajar, tetapi jika rasa lelah tersebut tidak berlanjut.

Karena jika berlanjut, sebagai ibu baru maka aktivitas mengurus anak pun akan terganggu. Biasanya rasa lelah berkepanjangan tersebut akan berakibat pada rasa tidak nyaman khususnya kesulitan dalam beradaptasi.

Ibu baru harus mengetahui bahwa ibu diharuskan beradaptasi dengan kondisi dimana bayi belum teratur dalam menginginkan ASI untuknya. Termasuk ketika bayi tersebut menangis dan bangun di waktu malam hari. Apabila adaptasi belum bisa dilakukan, maka yang terjadi sudah pasti tubuh akn mengalami kelelahan karena waktu istirahat yang tidak teratur waktunya.

Selain hal tersebut, kelelahan bisa juga karena hypothyroidsm. Hypothyroidsm yaitu keadaan dimana hormon tiroid kurang aktif. Fungsi hormon tiroid tersebut adalah dalam proses metabolisme. Ketika kurang aktif, maka yang terjadi adalah metabolisme terlambat sehingga kelelahan pun terjadi.

Adanya alergi pada makanan, juga memungkinkan ibu mengalami kelelahan. Bisa saja tubuh ibu intoleransi terhadap jenis makanan ringan. Biasanya efek yang terjadi adalah mudah mengantuk dan itu merupakan salah satu dari tanda tubuh intoleran terhadap jenis makanan tersebut. Makanan yang membuat ibu merasa mengantuk tepatnya di waktu 10 sampai 30 menit setelah mengkonsumsinya lebih baik dihindari.

Walaupun lelah, tapi tubuh ibu harus bisa beradaptasi sebagai ibu baru. Untuk mengatasi berbagai kelelahan yang terjadi setelah kelahiran, bisa dilakukan cara-cara berikut ini:
  1. Jangan pernah meninggalkan sarapan. Sesibuk-sibuknya menjadi ibu baru, sarapan tetap harus diutamakan. Sarapan menjadi salah satu dari nutrisi yang akan membantu kebutuhan tubuh ibu. Gizinya pun harus seimbang, meliputi karbohidrat, hingga vitamin serta proteinnya.
  2. Mencuri istirahat ketika siang hari bisa dilakukan oleh ibu baru. Ketika bayi tidur, ibu pun bisa menggunakannya sebagai waktu istirahatnya. Ketika malam hari, bagilah tugas ibu baru bersama sang suami. Mintalah bergantian dalam menjaga anak jika ia terbangun di malam hari agar istirahat ibu tercukupi.
  3. Cairan tubuh merupakan salah satu sumber kelelahan, untuk itu pemenuhan kebutuhannya sangat diperlukan. Minum air putih setiap harinya agar tidak kurang dari 8 gelas. Kekurangan cairan pada tubuh bisa dilihat dari jumlah urin yang ibu keluarkan.
  4. Dapatkan tidur ibu yang berkualitas setiap harinya. Tidur berkualitas bukanlah tidur dengan waktu yang panjang. Tidur sebentar pun bisa berkualitas dengan ibu menyamankan posisi tidurnya disertai lampu yang tidak dinyalakan ketika tidur, cukup dengan cahaya dari lampu tidur saja.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)