Kamis, 16 Maret 2017

Tips Agar Selalu Bugar Selama Masa Kehamilan

Bagaimana Mencegah Penyakit TBC?
Bagaimana Mencegah Penyakit TBC?
Kehamilan merupakan anugerah terindah bagi pasangan suami istri, baik pengantin baru atau yang telah bertahun-tahun menikah. Terutama bagi pasangan yang telah melalui perjuangan keras dan panjang untuk mendapatkan momongan, kehamilan jelas disambut dengan suka cita dan air mata kebahagiaan. Oleh karena itu, hampir semua wanita yang sedang hamil pasti berusaha sebaik mungkin dalam menjaga kehamilannya. Bagi sebagian wanita, kehamilan terkadang membawa efek lelah, letih, lesu dan malas. Untuk itu, bila Anda saat ini sedang hamil atau mungkin mempersiapkan diri menyambut kehamilan, maka sebainya mengetahui apa saja tips agar selalu bugar selama masa kehamilan.

Ibu hamil biasanya menghadapi berbagai hambatan dan tantangan karena setiap kehamilan itu unik, dan membawa efek tertentu bagi si ibu, baik itu fisik maupun psikologis. Tantangannya dapat berupa mual dipagi hari atau biasa disebut dengan morning sickness, pusing, migrain, sakit pada pinggang dan punggung, keletihan yang berlebihan, hingga sakit gigi. Sebagian ibu hamil merasa tidak bugar saat hamil, dan tentunya mereka sangat menginginkan agar tubuh tetap sehat dan prima, sehingga mampu melakukan aktivitas dirumah atau dikantor seperti biasa.

Berikut adalah tips agar selalu bugar selama masa kehamilan:

1. Tetap Berolahraga

Hamil bukan berarti tidak bisa berolahraga. Ibu hamil sebaiknya tetap berolahraga agar tubuh selalu bugar dan kuat. Namun, yang perlu diperhatikan adalah tingkat kelelahan dan jenis olahraganya. Apabila sebelum hamil jarang berolahraga, maka tidak disarankan untuk melakukan olahraga yang berat pada saat hamil. Begitupun ibu hamil yang terbiasa berolahraga sebelum hamil, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter agar mendapatkan panduan melakukan olahraga yang tidak beresiko bagi ibu dan janin. Beberapa latihan ringan seperti jogging ringan, berjalan, yoga, pilates, dan senam hamil bisa dilakukan saat masa kehamilan untuk menjaga tubuh tetap bugar. Yoga sangat baik karena melibatkan pola pernafasan serta peregangan yang santai yang juga berfungsi mengurangi stress. Olahraga pada tiga bulan pertama kehamilan juga dapat menurunkan risiko bayi prematur.

2. Perhatikan Nutrisi Tubuh

Kehamilan butuh komitmen untuk menjaga kondisi badan agar tetap prima, melalui nutrisi yang cukup. Ibu hamil sebaiknya mulai mengkonsumsi banyak asam folat mulai dari awal masa kehamilan hingga setelah melahirkan. Asam folat sangat penting bagi kesehatan ibu dan menghindari cacat kandungan. Asam folat yang tinggi terdapat pada buah-buahan seperti jeruk dan anggur. Untuk menjaga kecukupan nutrisi tubuh, ibu hamil harus berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan multivitamin khusus selama masa kehamilan untuk memenuhi kebutuhan kalsium, zat besi, asam folat dan vitamin pada tubuh ibu dan sang bayi. Biasanya suplemen yang baik mengandung DHA serta asam folat untuk menjaga tubuh tetap bugar dan meningkatkan kecerdasan otak bayi dalam kandungan.

3. Tidur Yang Cukup

Selama kehamilan. Saat hamil, wanita bekerja lebih keras dalam menyokong kehidupan baru, karena itu merasa lebih lelah. Semakin besar kandungan, maka semakin sulit menemukan posisi tidur yang nyaman. Tidur menyamping dan lutut ditekuk adalah posisi tidur paling nyaman saat kehamilan. Tidur menyamping dapat mencegah serta mengurangi konstipasi, pelebaran pembuluh darah, kaki bengkak, dan sembelit.

Tips diatas sebaiknya segera dilakukan setelah memasuki awal kehamilan, dan tak perlu menunggu letih datang. Menyenangkan bukan bila masa kehamilan dapat dilalui dengan kondisi badan yang sehat dan bugar?
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)