Minggu, 19 Maret 2017

Senam Nifas yang Bermanfaat

Senam Nifas yang Bermanfaat
Senam Nifas yang Bermanfaat
Penantian kehadiran si buah hati berakhir saat ibu sudah melahirkan. Perjuangan yang berat saat proses persalinan dapat dilalui dengan baik. Akan tetapi, banyak para ibu baru yang masih memiliki kekhawatiran setelah melahirkan.

Di antaranya mengalami baby blue syndrome dan yang lainnya lebih memperhatikan bentuk tubuh paska kehamilan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat mengandung, seorang ibu mengalami banyak perubahan, terutama pada fisiknya. Misalnya saja kenaikan berat badan, dimana ukuran perut masih lebih besar setelah bayi terlahir dibandingkan sebelum mengandung.

Hal ini tentu mempengaruhi rasa percaya diri akan penampilan. Tidak perlu khawatir. Kondisi tersebut dapat diperbaiki dengan melakukan senam nifas atau gerakan-gerakan ringan yang dilakukan selama masa paska persalinan. Tujuannya adalah untuk membuat otot-otot tubuh merasa nyaman. senam nifas ini dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan, dimulai enam jam setelah melahirkan.

Manfaat yang bisa diperoleh oleh si ibu adalah sebagai berikut:
  1. Memberikan kenyamanan pada fisik.
  2. Setelah melahirkan, rahim akan kembali ke bentuk semula. Senam nifas dapat membantu memperlancar proses tersebut.
  3. Membantu mempercepat perbaikan kondisi tubuh yang tadinya sering merasa lelah dan kurang berenergi.
  4. Mencegah terjadinya kemungkinan komplikasi yang biasa timbul pada masa paska persalinan.
  5. Membantu memperlancar peredaran darah.
Masa nifas sendiri merupakan saat dimana ibu sebaiknya beristirahat sebelum memulai kembali aktivitas setelah melahirkan. Dibutuhkan waktu agar kondisi fisik kembali fit. senam nifas bisa menjadi salah satu upaya untuk mempercepat proses pemulihan. Namun, ada ketentuan-ketentuan yang harus diikuti untuk dapat melakukan gerakan-gerakan ringan dalam senam tersebut.

kondisi ibu setelah melahirkan haruslah sehat dan tidak ada kelainan apapun. Kondisi ibu paska persalinan harus dimonitoring terlebih dahulu selama enam jam pertama, baru bisa ditentukan apakah ia boleh melakukan senam nifas atau tidak. Tentu saja, senam tersebut biasanya dilakukan saat ibu masih berada di rumah sakit atau klinik persalinan. Kemudian, ibu bisa melanjutkan senam nifas di rumah sebagai upaya perawatan berkelanjutan paska melahirkan.

Bagaimana cara melakukan senam nifas? Yang perlu ibu ketahui adalah perbedaaan metode senam yang dilakukan berdasarkan jenis persalinan. Pada persalinan normal, senam dilakukan mulai hari pertama dengan teknik pernapasan yang bertujuan memperlancar sirkulasi darah dan memulihkan kondisi organ dalam tubuh.

Yang perlu diperhatikan pada gerakan ini adalah kontraksi otot panggul sebelum duduk. Pilihlah kursi dengan dasar yang kuat untuk menahan otot panggul. Atur waktu kapan duduk dan berdiri agar tidak terlalu lama. setelah teknik pernafasan tersebut, gerakan yang biasanya disarankan adalah latihan kegel. Apabila ada jahitan di daerah kewanitaan, tidak perlu khawatir. Gerakan kegel justru akan memperkuat otot-otot seputar daerah tersebut sehingga mempercepat proses kesembuhan.

Sedangkan bagi ibu yang menjalani operasi caesar, senam nifas dilakukan harus atas izin dokter dan biasanya diperbolehkan untuk dimulai di minggu pertama setelah persalinan. Untuk manfaat dari latihan itu sendiri, dapat membantu menguatkan otot kandung kemih dan usus besar paska persalinan dengan pembiusan. Lakukan senam dengan perlahan dengan memperhatikan posisi bangun dari tidur, tempelkan bantal kecil untuk membantu mengurangi rasa sakit dan juga jangan buru-buru berjalan.

Senam nifas yang mampu dilakukan setelah melahirkan tidak hanya membantu memulihkan kondisi tubuh, tetapi juga mengurangi infeksi pada ivolusi uterus akibat sisa darah yang tidak dikeluarkan, mengurangi resiko pendarahan tidak normal dan juga menghindari penyumbatan darah pada vena. Namun, sebelum melakukannya, ibu hamil harus berkonsultasi dulu dengan dokter sejak memasuki masa persalinan. Hal ini untuk mengetahui apakah kondisi tubuh ibu cukup baik untuk melakukan latihan tersebut.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)