Kamis, 02 Maret 2017

Penyebab dan Cara Menyembuhkan Mengobati Keputihan

Salah satu gejala atau hal yang sering dialami oleh kebanyakan kaum hawa adalah keputihan. Keputihan ini biasa dikatagorekan menjadi sebuah penyakit apabila sudah menimbulkan gejala yang berlebihan dan menimbulkan sakit pada bagain perut.

Penyebab dan Cara Menyembuhkan Mengobati Keputihan
Penyebab dan Cara Menyembuhkan Mengobati Keputihan
Ulasan kali ini admin mau membagikan kepada sehabat semua sedikit tips dalam mengatasi keputihan dengan mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Keputihan adalah keluarnya cairan putih dari vagina. Keputihan secara normal(fisiologis) terjadi pada saat mendekati datang bulan (menstruasi) atau setelah menstruasi (biasanya  pada hari ke-5 hingga ke-7 setelah menstruasi). Secara normal, keputihan menunjukkan bahwa wanita sedang dalam keadaan subur sehingga biasanya dokter kandungan menyarankan pada masa-masa tersebut untuk melakukan hubungan suami istri supaya mendapatkan keturunan.

Keputihan yang tidak normal(patologis) biasanya, keluar cairan yang cukup kental dan berwarna kuning pekat atau hijau disertai rasa gatal dan bau tidak sedap disekitar area kemaluan. Sering juga disertai rasa nyeri dan kemerahan  di sekitar vagina, selain itu, sakit atau perih saat berhubungan  dan buang ari kecil. Apabila telah terjadi demikian maka sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter supaya mengetahui apakah keputihan tersebut masih normal atau tidak.

Penyebab keputihan yang tidak normal
  1. Ketidakseimbangan hormon.
  2. Kurang menjaga kebersihan area kewanitaan.
  3. Berkembangnya bakteri jahat sehingga menyebabkan timbulnya keputihan.
  4. Beberapa jenis makanan yang dikonsumsi banyak mengandung lendir yang menyebabkan perkembangan bakteri baik lebih cepat, diantaranya buah semangka, melon dan mentimun.
  5. Tidak pernah mencukur bulu pubis, sehingga area kewanitaan terlalu lembab.
  6. Tidak mengeringkan area kewanitaan setelah buang air kecil atau buang air besar sehingga tetap lembab atau bahkan basah.
  7. Penggunaan tissu saat membasuh area kewanitaan.
  8. Penggunaan pakaian dalam yang ketat.
  9. Membilas vagina dari arah yang salah (yang benar dari atas kebawah)
  10. Kelelahan dan stress.
  11. Tidak rutin dalam mengganti panty liner maupun pembalut (sebaiknya diganti setiap 4-5 jam sekali)
  12. Sering mandi menggunakan air hangat dan panas saat mandi yang menyebabkan jamur penyebab keputihan lebih cepat tumbuh.
Cara menyembuhkan Keputihan: 

Daun Sirih
  • Meminum air rebusan daun sirih setiap pagi hari secara rutin hingga keputihan berhenti.
  • Membersihkan area kewanitaan menggunakan air rebusan daun sirih setiap sebelum tidur. Hentikan pemakaian setelah keputihan telah berhenti, tujuannya supaya vagina tidak terlalu kering.
Kunyit 
  • Sediakan 20 gram kunyit, cuci bersih dan potong-potong.
  • 10 gram daun sambiloto kering
  • 15 gram kulit delima kering.
  • Rebus semua bahan dalam 800 cc air dan sisakan 300 cc. Konsumsi secara rutin 2 kali sehari, dapat pula ditambahkan gula aren atau gula jawa.
Jeruk Lemon
  • Bersihkan daerah vagina menggunakan air perasan jeruk lemon dan air.

Penyebab dan Cara Menyembuhkan Mengobati Keputihan

Bagaimanapun juga, vagina tetap harus terjaga kelembabannya agar bakteri baik tetap dapat hidup. Supaya tingkat keasaman vagina tetap terjaga. Jangan menggunakan produk kimia untuk membersihkan area kewanitaan karena dapat membunuh bakteri baik. Cukup membersihkan area kewanitaan dengan air dan sabun biasa. Yang paling penting adalah menjaga kebersihannya. 

Itulah ulasan singkat kali ini tentang Penyebab dan Cara Menyembuhkan Mengobati Keputihan, semoga bahasan ini bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan serta refrensi anda mengenai gejala Keputihan dan Cara Menyembuhkan serta mengobatinya.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)