Senin, 27 Maret 2017

Mata Cantik dan Segar

Mata Cantik dan Segar
Mata Cantik dan Segar
Semua orang tahu bahwa mata merupakan bagian dari wajah yang sangat menunjang penampilan. Namun demikian, banyak yang mengabaikan kecantikan dan kesegaran kulit di sekitar mata. Padahal kulit di sekitar mata yang sangat tipis sangat mudah bermasalah. Dan ternyata, memakai pelembab wajah saja tidak cukup,karena kandungan yang terdapat dalam pelembab terlalu keras untuk kulit di sekitar mata.

Salah satu jalan untuk selalu menjaga kecantikan dan kesegaran kulit mata adalah dengan menggunakan krim mata. Krim mata bukanlah krim ‘multi tasking’ yang bisa mengatasi semua masalah kulit yang terjadi pada kulit di sekitar mata. Jadi, kenali dulu masalah yang terjadi di kulit seputar mata Anda,baru kemudian putuskan krim apa yang sebaiknya Anda pakai.

Masalah-masalah yang sering terjadi di area mata adalah:
  • Lingkaran di bawah mata
Dapat disebabkan oleh faktor genetis (keturunan) di mana kulit seputar mata makin rentan dan lingkaran makin menggelap saat usia makin matang. Hal ini disebabkan oleh elastisitas kulit yang menurun. Penyebab lain yang bersifat non-genetis, misalnya kurang berolahraga sehingga tubuh kekurangan suplai oksigen, peredaran darah tidak lancar, stamina tubuh menurun, kurang tidur, polusi, dan stres. Krim mata untuk lingkaran hitam, adalah yang memiliki kandungan optical diffusers atau tabir surya. Gunanya untuk mengatasi masalah pigmentasi. Krim dengan kandungan vitamin K juga baik untuk membantu menyamarkan lingkaran hitam.
  • Mata Sembap
Disebabkan oleh bertumpuknya cairan di bawah mata, iritasi, ataupun alergi. Cairan bertumpuk di bawah mata saat tidur, sifatnya hanya sementara, sedangkan mata sembap lebih lama jika disebabkan oleh alergi, sinus, atau PMS (pre-menstrual syndrome). Untuk mengatasi mata sembap, gunakan krim mata berbentuk gel yang bersifat mendinginkan. Penggunaan pelembab mata berbentuk krim justru bisa membuat mata makin sembap. Permukaan kulit seputar mata yang sangat tipis, juga tidak dapat beradaptasi dengan udara yang berubah-ubah ekstrem. Perubahan suhu panas dan dingin bisa mengakibatkan iritasi di bagian ini.
  • Kantong mata
Disebabkan oleh sistem pembuangan cairan tubuh atau lymphatic drainage yang kurang lancar. Dapat juga disebabkan oleh adanya lemak berlebih di bagian dalam kulit, sehingga terlihat agak membengkak dan menjadi kantong mata. Bisa juga karena mengonsumsi makanan berlemak dan bergaram yang berlebihan. Untuk meminimalkan kantong mata, gunakan krim mata atau gel yang dapat meningkatkan elastisitas kulit. Jika kantong mata terlihat mengendur pilih krim yang mengandung kolagen, sedangkan untuk menghilangkannya, hanya dapat dilakukan dengan bedah plastik.
  • Kerut Seputar Mata
Kulit di seputar mata hanya memiliki kandungan minyak alami yang sangat sedikit, walaupun jenis kulit wajah Anda termasuk  berminyak. Itu sebabnya daerah tersebut menjadi lebih sensitif dan mudah berkerut. Hal utama yang memicu terjadinya kerutan halus adalah dehidrasi kulit, penuaan dini, dan penuaan biologis. Kerut pada sudut luar mata, atau disebut juga crow’s feet, disebabkan oleh penuaan dini akibat terpaan sinar matahari yang berlebihan, yang merusak jaringan kolagen dan elastin pada otot muka. Ekspresi wajah di seputar mata saat berbicara, mengernyit, bahkan tertawa juga dapat memicu timbulnya kerutan halus. Untuk mengatasinya, pilih krim mata yang mengandung vitamin A, C, dan E. Vitamin A dalam bentuk retinoids berguna untuk menyamarkan kerutan serta melindungi dan memperkuat jaringan kulit dengan meningkatkan produksi kolagen.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)