Selasa, 21 Maret 2017

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mengumumkan Kehamilan Anda?

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mengumumkan Kehamilan Anda?
Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mengumumkan Kehamilan Anda?
Kehamilan membuat seorang wanita yang mengalaminya merasa campur aduk antara rasa senang, khawatir dan bahkan takut. Ketika seorang wanita mengetahui bahwa ia hamil, umumnya yang paling pertama diberitahu adalah sang suami. Berikutnya baru keluarga dan yang terakhir adalah teman-teman. Mengetahui bahwa anda hamil bisa jadi sama menyenangkannya dengan mengumumkan kehamilan anda. Tapi, kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk mengumumkan kehamilan anda?

Sebagai suatu peristiwa penting dalam hidup anda, kehamilan memang sudah sepatutnya diumumkan kepada orang-orang di sekitar anda. Ada banyak cara yang bisa anda pilih untuk mengumumkan kehamilan anda. Tapi pemilihan waktu yang tepat memang menjadi salah satu hal yang paling sering dipertanyakan oleh pasangan suami istri yang akan memiliki bayi. Banyak pasangan yang memilih untuk mengumumkan kehamilan segera setelah mereka mengetahuinya. Beberapa pasangan lain memilih untuk menunda pengumuman hingga usia kehamilan tertentu, tentu saja dengan berbagai alasan.

Baik pilihan segera mengumumkan ataupun menundanya memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing. Keputusan untuk segera mengumumkan ataupun menundanya sepenuhnya bergantung pada anda dan pasangan, karena faktor-faktor yang menjadi pertimbangan juga berbeda untuk setiap pasangan.

Lalu siapa yang sebaiknya anda beritahu mengenai kehamilan anda? Tentu saja anda harus memberitahu keluarga terlebih dahulu. Ingatlah bahwa mereka juga akhirnya akan mengetahui soal kehamilan anda meskipun anda tidak memberitahu mereka. Anda juga sebaiknya memberitahu teman-teman terdekat anda. Bayangkan ekspresi marah mereka jika mereka mengetahui kabar bahagia ini dari orang yang lebih jauh atau kurang akrab dengan anda dibanding mereka.

Ada beberapa keuntungan jika anda segera mengumumkan kehamilan anda. Anda akan segera mendapat dukungan, cinta dan perhatian dari keluarga dan teman anda. Ketika anda hamil, anda akan mengalami banyak perubahan dari segi mental, emosional dan fisik. Perubahan-perubahan ini bisa membuat anda kewalahan dan kesulitan. Dukungan yang anda peroleh dari keluarga dan teman akan membantu anda melalui situasi ini dengan efektif. Salah satu alasan lainnya untuk segera mengumumkan kehamilan anda adalah bahwa anda akan selalu punya tempat curhat setiap kali anda merasa gelisah atau tegang akibat kehamilan anda. Apalagi jika anda sedang hamil anak pertama. Keluarga dan teman anda yang tahu akan dengan senang hati memberi anda berbagai informasi dan tips. Mulai dari cara memilih rumah sakit bersalin yang baik sampai makanan yang sebaiknya anda konsumsi selama hamil.

Bahkan jika anda (amit-amit) mengalami keguguran, anda tidak akan merasa kesepian. Keluarga dan teman anda akan membantu anda menghadapi situasi sulit tersebut. Hal ini sebaiknya menjadi faktor yang anda pertimbangkan. Jadi sebaiknya, untuk wanita yang baru pertama kali hamil, pengumuman tentang kehamilan dilakukan segera setelah anda mengetahuinya.

Namun bagi pasangan yang ingin menunda pengumuman hingga usia kehamilan mencapai 3 bulan, kita juga tidak bisa menyalahkan mereka, karena setiap pasangan memiliki pertimbangan dan masalah masing-masing. Jika anda memiliki riwayat keguguran, anda bisa menunda pengumuman kehamilan anda. Secara medis, memang ada peningkatan peluang terjadinya keguguran berulang jika seorang ibu memiliki riwayat keguguran sebelumnya. Anda bisa mengumumkan kehamilan anda setelah usia kehamilan 3 bulan, dimana resiko keguguran sudah jauh berkurang.

Tenu saja ada kekurangannya juga jika anda terlalu cepat mengumumkan kehamilan anda. Salah satunya adalah keluarga dan teman yang terkesan “ikut campur”. Kekurangan lainnya adalah anda harus menjelaskan kepada mereka jika ternyata ada masalah pada kehamilan anda.

Jadi kapan waktu yang tepat untuk mengumumkan kehamilan anda? Sebaiknya pada saat usia kehamilan anda mencapai 2 atau 3 bulan. Lagipula, kehamilan adalah suatu hal yang pada akhirnya akan diketahui oleh orang sekitar anda, meskipun anda tidak mengumumkannya. Mereka bisa melihat sendiri perut anda yang semakin membesar, bukan?
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)