Selasa, 21 Maret 2017

7 Penyebab Rambut Rusak

7 Penyebab Rambut Rusak
7 Penyebab Rambut Rusak
Rambut terlahir dengan kekuatan dan kelembapan alaminya, perlakuan Anda terhadap rambutlah yang menentukan nasib setiap helai dari rambut, apakah akan tumbuh indah atau malah akan rontok dan rusak.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan kerusakan rambut selain faktor metabolisme,stress dan hormonal, yaitu :

1. Bleaching

Bleaching merupakan salah satu proses pewarnaan rambut. Hal ini disebabkan karena rambut orang Asia yang hitam tidak bisa langsung diubah warnanya sehingga warna rambut alami kita harus dihilangkan terlebih dahulu agar menjadi lebih terang.

Pada saat bleaching, kutikula rambut akan dimasukkan bahan-bahan kimia sehingga pigmen alami rambut kan hilang. Padahal kutikula adalah pelindung rambut. akibatnya kutikula terbuka dan rambut menjadi lebih rentan rusak.

2. Pengeritingan
Bahan kimia yang digunakan dalam proses pengeritingan tentu saja bisa merusak rambut, karena hilangnya protein amino dalam rambut, hal itu mengakibatkan kekuatan alami rambut  terkikis, rambut menjadi kusam dan kering.

3. Highlight atau Pewarnaan

Pewarnaan dan highlight memang tidak menimbulkan efek kerusakan seperti pada saat rambut di bleaching. Namun demikian, pewarnaan tidak merusak rambut. Proses ini bisa merubah struktur alami rambut. selain itu, jika Anda tak melakukan pasca pewarnaan rambut, maka rambut akan kering dan patah-patah.

4. Blowdory dan catok

Uap panas yang dihasilkan oleh kedua alat tersebut akan merusak  hidrogen yang merekatkan rambut. Akibatnya rambut menjadi kering dan rapuh. bila Anda sering menggunakan hair dryer atau catok rambut, sebaiknya Anda menggunakan kondisioner atau produk perawatan rambut yang lainnya untuk melindungi rambut Anda.

5. Mengucir rambut

Jangan terlalu sering mengucir dan mengikat terlalu keras rambut Anda untuk menghindari kerusakan.  Juga hindari mengucir rambut dalam keadaan basah atau lembab karena akan menyebabkan rambut mudah patah.

6. Menyisir rambut

Ternyata kegiatan sederhana seperti menyisir rambut bisa mengakibatkan kerusakan rambut. Ini bisa terjadi kalau Anda terlalu sering menyisir rambut. sisirlah rambut Anda secukupnya karena menyisir rambut terlalu sering akan menyebabkan pergesekan rambut yang berlebihan sehingga rambut mudah patah,tapi jarang menyisir rambut juga akan menyebabkan rambut Anda mudah kusut.

7. Terlalu sering keramas

Tujuan kita keramas adalah untuk membersihkan kulit kepala dari minyak. Namun bila terlalu sering mencuci rambut maka kelembapan alami rambut akan terkikis. Padahal pelambab alami rambut dibutuhkan kulit kepala agar tetap  rambut tetap sehat. Keramas tiap hari disarankan jika kulit kepala Anda cenderung berminyak. Namun jika rambut mulai terlihat kusam, maka lebih baik Anda atur lagi jadwal keramas Anda.

Itulah ketujuh penyebab yang membuat rambut hitam anda menjadi rusak. Hindari hal - hal di atas jika anda masih ingin melihat rambut anda hitam mempesona.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)