Sabtu, 18 Maret 2017

Faktor Penyebab Pria Mandul

Faktor Penyebab Pria Mandul
Faktor Penyebab Pria Mandul
Artikel ini ditulis untuk para suami. Untuk Anda para istri bisa membaca artikel kami sebelumnya berjudul faktor penyebab wanita susah hamil.

Beberapa Penyebab Masalah Kesuburan atau Infertilitas Pada Pria

Tentu saja ada banyak faktor yang bisa menyebabkan masalah kesuburan, dan anda perlu mengetahui mereka sebelumnya. Berikut beberapa faktor yang menyumbang masalah kesuburan pada laki-laki:

1) Pengaruh Obat

Beberapa jenis obat seperti obat penenang, pereda rasa sakit, antibiotika, dan obat hormonal menjadi faktor yang mempengaruhi tingkat kesuburan pria. Kesuburan pria dapat menurun antara lain karena konsumsi obat-obatan yang disebut di atas.

2) Pengaruh Radiasi

Efek negatif dari radiasi adalah ia bisa menurunkan kualitas dan konsentrasi sperma. Misalnya, gerakan sperma menjadi kurang lincah.

3) Minuman Beralkohol

Minuman berarkohol bisa menurunkan kadar testosteron yang pada akhirnya mengganggu produksi sperma.

4) Merokok

Merokok konon dapat menyebabkan disfungi ereksi dan meningkatkan resiko kemandulan. Kandungan nikotin di dalam pembuluh darah juga menyebabkan gangguan seksual seperti impotensi, ereksi yang tidak sempurna, dan bahkan ejakulasi dini.

5) Impotensi
Penyebab utama impotensi adalah kelainan pada pembuluh darah (misal: penyakit aterosklerosis). Pembekuan darah yang menyebabkan terganggunya aliran darah dari pembuluh arteri ke penis juga menjadi penyebab utama impotensi, selain kerusakan pada saraf yang berhubungan dengan penis.

6) Penyumbatan pada Saluran Sperma

Penyumbatan ini biasanya terjadi karena bawaan lahir, akibat dari saluran sperma yang tidak terbentuk. Penyumbatan pada saluran sperma juga terjadi karena infeksi yang terjadi pada saluran reproduksi, yang disebabkan oleh bakteri.

7) Varikokel

Ketika pembuluh darah vena di sekitar buah zakar mengalami pelebaran, maka ini adalah tanda terjadinya varikokel. Periksa apakah ada benjolan pada bagian kiri atas buah zakar.

8) Gangguan hormonal


Ini merupakan faktor yang menghalangi produksi sperma. Kekurangan hormon bisa menyebabkan jumlah sperma menurun, dan pada akhirnya ini merupakan tanda bahwa testis tidak bekerja secara sempurna.

9) Kelainan genetik

Ini adalah faktor yang sangat jarang terjadi. Kelainan genetik seperti cystic fibrosis menyebabkan kelainan pada kromosom seks yang umumnya bisa ditemui pada sindrom Klinefelter.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)