Selasa, 28 Maret 2017

Faktor Penyebab Munculnya Jerawat

Faktor Penyebab Munculnya Jerawat
Faktor Penyebab Munculnya Jerawat
Kehadiran jerawat di wajah kita jelas tak diinginkan. Selain mengganggu pemandangan, jerawat yang meradang bisa bertambah parah dan berpotensi merusak kulit indah Anda. Selain dampak buruk pada fisik yakni kulit, jerawat juga memberi efek negatif pada masalah psikologis seseorang dengan menurunkan tingkat kepercayaan diri. Padahal untuk membangun keberhasilan di segala bidang, seseorang sangat membutuhkan rasa percaya diri.

Tapi, harus diakui bahwa jerawat adalah hal yang sangat sulit dihindari. Walaupun Anda sudah merasa rajin mencuci muka, menjalani pola makan dan gaya hidup yang sehat serta melakukan berbagai macam perawatan kecantikan di klinik kecantikan atau salon, hal itu tidak akan dapat menjamin bhawa muka Anda akan terhindar dari bintik kecil bernama jerawat. Pasalnya, banyak faktor dari dalam tubuh yang memicu timbulnya jerawat dan yang pasti hal tersebut sangat sulit bahkan tidak dapat dikontrol.

Namun bukan berarti kehadiran jerawat tidak bisa dicegah atau diminimalisasi. Jika Anda menginginkan wajah julus tanpa jerawat bak artis-artis sinetron, hal pertama yang wajib Anda ketahui adalah faktor-faktor penyebab jerawat. Kemudian, Anda bisa mulai mengatur dan menghindari penyebabnya agar jerawat di wajah dapat diminimalisasi kehadirannya. Dengan begit kulit wajah mulus bisa menjadi mili Anda. 

Berikut ini adalah beberapa faktor umum penyebab jerawat:

1. Hormon

Kaum perempuan sangat mudah menandai kemunculan jerawat karena hormon. Biasanya jerawat ini muncul pada saat menjelang haid atau setelah masa itu berlalu. Siklus haid memang membuat beberapa hormon kewanitaan aktif dan memicu munculnya jerawat. Cobalah untuk memperhatikan kebersihan muka dan menerapkan hidup yang sehat menjelang siklus haid Anda.

2. Stres

Anda pasti pernah mendengar bahwa kekuatan pikiran sangat mempengaruhi tubuh kita. Hal ini juga berlaku untuk jerawat. Salah satu penyebab jerawat adalah stres atau banyaknya beban pikiran berat yang membuat hidup Anda tidak bisa tenang dan santai. Stres ini memicu hormon kortisol (hormone stres) aktif bekerja dan memperbanyak produksi minyak di tubuh sehingga bisa menyebabkan jerawat muncul. Sebaiknya, hindarilah stres dengan menjauhi sumber stres Anda serta mulailah untuk menikmati apapun yang terjadi dalam hidup Anda agar jerawat tak mengganggu penampilan Anda.

3. Telepon seluler

Pasti muncul banyak pertanyaan terkait mengapa telepon seluler bisa menyebabkan jerawat muncul di wajah. Telepon yang sering Anda tempelkan di pipi tentu saja merupakan tempat berkumpulnya sumber bakteri penyebab jerawat. Apalagi, saat digunakan, telepon seluler akan meningkat suhunya dana akan membuka pori-pori Anda. untuk menghindari jerawat, Anda mungkin bisa mengurangi intensitas menelepon atau mencoba bertelepon dengan menggunakan earphone.

4. Kosmetik

kosmetik yang tidak tepat bisa menimbulkan berbagai macam masalah kulit termasuk memicu munculnya jerawat di wajah. Sebab itu, pilihlah dengan benar kosmetik yang Anda gunakan. Sebaiknya pilihlah yng tidak mengandung minyak dan berbahan dasar air. Gunakan kosmetik seperlunya saja. jika memang tidak perlu sebaiknya biarkan wajah Anda polos tanpa riasan terutama saat tidur dan berolah raga.

5. Rambut

Rambut juga bisa menyebabkan jerawat lho. kok bisa? Bisa. Penyebabnya adalah karena rambut begitu dekat dengan wajah sehingga seringkali rambut mengenai wajah. Rambut berminyak, atau produk kecantikan yang sering kita gunakan untuk rambut dapat mengendap di wajah saat mengenai wajah dan bercampur dengan minyak di wajah yang kemudian menyumbat pori-pori wajah dan akhirnya muncullah jerawat. Oleh sebab itu jagalah kebersihan rambut Anda untuk menghindari jerawat muncul.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)