Rabu, 15 Maret 2017

Bagaimana Cara Memastikan Kehamilan

Tahap-Tahap Perkembangan Janin
Tahap-Tahap Perkembangan Janin
Kehamilan merupakan salah satu momen yang paling diharapkan oleh pasangan , apalagi bila pasangan itu adalah pengantin baru yang sedang berusaha membangun rumah tangga baru. Meski begitu, kehamilan tidak bisa diduga walau sekalipun pasangan sering melakukan hubungan seks. Karena itu penting bagi anda untuk memastikan apakah anda hamil atau tidak karena mengetahui tanda-tanda awal kehamilan saja seringkali tidak cukup. Lalu, bagaimana cara untuk memastikan kehamilan? Di bawah ini adalah daftar cara untuk memastikan kehamilan:

1) Tes menggunakan USG

Untuk menempuh tes ini, anda harus mendatangi rumah sakit yang menyediakan fasilitas tes tersebut. Memang pada dasarnya tes kehamilan bisa dilakukan di rumah menggunakan alat yang bisa dibeli di apotik. Walau begitu, tes urin yang dilakukan di rumah belum tentu akurat, dan malah terkadang bisa membuat istri Anda menjadi tidak yakin dengan tes tersebut. Untuk memastikan kehamilan, perempuan bisa mengikuti serangkaian tes di rumah sakit menggunakan alat ultrasonografi (USG). Alat ini biasanya digunakan di banyak klinik bersalin dan rumah sakit tertentu, atau tempat praktik dokter yang dekat dengan rumah anda. Alat ultrasonografi memberikan hasil yang lebih akurat karena peserta tes (perempuan) bisa langsung melihat embrio melalui layar tertentu.

2) Tes Darah
Selain tes dengan menggunakan alat ultrasonografi, tes darah juga bisa dilakukan untuk melihat keberadaan Human Chorionic Gonadotrophin. Pada dasarnya atara tes darah dan ultrasonografi tidak ada perbedaan. Kecuali dalam hal kemampuan untuk melihat janin secara langsung yang hanya bisa diberikan oleh alat ultrasonografi. Ketika melakukan tes menggunakan sampel darah, seorang perempuan yang diduga hamil diwajibkan untuk mengikuti serangkaian tes di laboratorium dengan menggunakan metode tertentu. Tingkat akurasinya serupa dengan tes yang menggunakan alat ultrasonografi.

3) Tes urin

Ini adalah tes yang paling mudah, dan alat untuk tes pun banyak dijual di apotik. Karenanya anda bisa dengan mudah mengetes urine anda sendiri begitu dugaan tentang kehamilan mulai menggelayuti pikiran anda. Ada banyak merk alat untuk tes utine dan pengetesan bisa dilakukan di dalam rumah. Meski begitu, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan terkait dengan proses pengetesan, yakni: waktu tes dan pembacaan hasil tes.
  • Waktu tes yang paling baik adalah pagi hari, ketika anda mengeluarkan air seni untuk pertama kali pada hari tersebut. Tampung sedikit air seni yang telah keluar di dalam wadah yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Air seni yang sudah ditampung kemudian diukur menggunakan alat berbentuk stick yang kemudian dicelupkan ke dalamnya. Pencelupan dilakuan selama 5 sampai 10 menit. Sebaiknya anda menggunakan alat ini tujuh hari setelah ovulasi supaya hasilnya lebih memuaskan. Meski begitu, tes ini tidak begitu memberikan hasil yang akurat terutama pada perempuan yang memiliki siklus menstruasi yang panjang.
  • Setelah pengetesan, anda bisa langsung membaca hasilnya melalui alat tes. Lihatlah pada dua jendela yang ada di alat tersebut. Satu jendela untuk hasil dan satu lagi untuk kontrol. Jendela kontrol berfungsi sebagai kode yang membantu anda mengenali apakah tes yang anda lakukan sudah sesuai dengan prosedur atau belum. Jendela satu lagi, jendela hasil, akan menunjukkan apakah anda positif hamil atau tidak. Setelah pemakaian, alat tes urin mesti dibuang.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)