Sabtu, 25 Maret 2017

5 Penyebab Gangguan Tidur Pada Masa Kehamilan

5 Penyebab Gangguan Tidur Pada Masa Kehamilan
5 Penyebab Gangguan Tidur Pada Masa Kehamilan
Ada berbagai hal yang perlu anda perhatikan selama masa kehamilan sehingga anda dapat menjaga kesehatan anda dan kesehatan janin dalam kandungan anda secara maksimal. Masa kehamilan akan ditandai dengan terjadinya perubahan aktivitas hormon yang menyebabkan munculnya perubahan fisik pada tubuh anda. Selain perubahan fisik, perubahan psikis juga merupakan salah satu tanda kehamilan yang cukup umum dijumpai.

Perubahan aktivitas hormon juga menyebabkan munculnya gangguan-gangguan selama masa kehamilan seperti mual, muntah, pegal-pegal, dan rasa lelah. Gangguan lain yang mungkin muncul pada masa kehamilan adalah gangguan tidur. Padahal, ibu hamil dianjurkan untuk beristirahat secara cukup untuk menjaga serta merawat perkembangan janin yang ada di dalam kandungannya. Untuk mendapatkan solusi tepat mengenai gangguan tidur selama masa kehamilan, ada baiknya anda mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Gangguan tidur biasanya akan meningkat intensitasnya ketika usia kehamilan memasuki tahap trimester akhir. Memasuki tahap trimester akhir kehamilan, ukuran janin akan semakin membesar sehingga menyebabkan ibu menjadi kesulitan untuk menemukan posisi tidur yang nyaman. Penyebab pertama dari gangguan tidur selama masa kehamilan adalah posisi tidur.
  • Dengan kehamilan yang semakin membesar, anda mungkin akan kesulitan untuk menemukan posisi tidur yang nyaman. Hal inilah yang kemudian memunculkan masalah gangguan tidur. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa memilih posisi tidur miring menghadap ke arah kiri selama masa kehamilan trimester ketiga. Dengan posisi seperti ini, anda akan dapat tidur secara lebih nyaman tanpa harus khawatir dengan kondisi kandungan anda yang semakin membesar.
  • Selain posisi tidur, hal lain yang bisa menjadi penyebab masalah gangguan tidur selama masa kehamilan adalah kram kaki. Selama masa kehamilan, kram kaki dapat terjadi kapan saja, termasuk pada saat malam hari. Pada dasarnya, kram kaki disebabkan oleh kelelahan yang terjadi pada otot kaki dikarenakan bertambahnya bobot tubuh anda serta masalah peredaran darah pada area kaki. Untuk mengatasi kram kaki yang mengganggu waktu tidur anda, anda bisa memberikan pijatan pada kaki anda atau merendam kaki anda dalam air hangat. Selain kram kaki, penyebab lain dari masalah gangguan tidur selama masa kehamilan adalah intensitas mimpi buruk yang meningkat.
     
  • Ketika mengalami mimpi buruk dan anda terjaga dari tidur anda, anda akan memiliki kecenderungan susah untuk kembali tidur, terutama bila anda tidak memiliki pengelolaan emosi yang baik. Untuk mengatasi hal ini, anda disarankan untuk melakukan relaksasi sehingga dapat mengurangi rasa cemas yang bisa memicu mimpi buruk.
     
  • Rasa ingin buang air kecil pada malam hari juga merupakan salah satu penyebab gangguan tidur selama masa kehamilan yang cukup sering ditemui. Terbangun di tengah malam karena perasaan ingin buang air kecil merupakan salah satu kebiasaan yang akan sering muncul selama masa trimester akhir kehamilan. Hal ini dapat mengakibatkan aktivitas tidur anda menjadi terganggu. Untuk menghindari situasi ini, biasakanlah buang air kecil terlebih dahulu sebelum tidur. Apabila anda tetap harus bangun di tengah malam, usahakan untuk tidak bangun secara terburu-buru dan mengambil jeda sebelum anda berdiri dari tempat tidur.
     
  • Masalah pada sistem pencernaan adalah penyebab terakhir dari gangguan tidur selama masa kehamilan. Selama masa kehamilan, sistem pencernaan anda akan terhambat dan mengakibatkan penyerapan nutrisi menjadi terganggu. Kondisi ini akan memicu terjadinya sembelit yang dapat menyebabkan perasaan kurang nyaman pada saat tidur. Gangguan pencernaan lain yang bisa mengganggu kenyamanan tidur adalah rasa terbakar pada organ pencernaan. Untuk mengatasinya, anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter kandungan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)