Sabtu, 25 Maret 2017

Kandungan Nutrisi Anti Jerawat dalam Makanan

Kandungan Nutrisi Anti Jerawat dalam Makanan
Kandungan Nutrisi Anti Jerawat dalam Makanan
Tak ada seorang pun di dunia ini yang menginginkan wajah mulusnya dipenuhi dengan bintik nakal bernama jerawat. Tapi apa daya, jerawat ini sering kali muncul tanpa diundang dan akhirnya merusak impian Anda untuk tampil cantik sempurna. Padahal, banyak orang berjerawat mengaku bahwa mereka sudah cukup sering menjaga dan merawat kulit wajah mereka.

Jerawat muncul memang tak sekedar karena faktor eksternal dari luar tubuh seperti debu atau sisa make up di wajah. Jerawat juga bisa muncul karena faktor dari dalam tubuh seperti hormon dan juga makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Ya, makanan adalah salah satu faktor penting yang menyebabkan kulit bermasalah termasuk memunculkan jerawat. Oleh sebab itu, pola makan seseorang sangat berhubungan dengan kemunculan jerawat di wajah.

Jika tak percaya, Anda bisa menanyakan hal tersebut pada ahli dermatologis atau dokter kulit langganan Anda. Secara umum, dapat dipastikan bahwa jawabannya akan mempunyai benang merah yang sama bahwa pola makan dan konsumsi air putih akan sangat menentukan kesehatan kulit. hal tersebut sudah dibuktikan melalui berbagai penelitian.

Menurut dokter Valori, seorang ahli kulit sekaligus pengarang The Clear Skin Diet, sebuah buku tentang pola makan yang sehat untuk kulit sehat, penelitian tentang hubungan makanan dengan kesehatan kulit dan jerawat selalu menghabiskan dana besar dan butuh biaya yang sangat mahal. Penyebabnya adalah banyak orang, responden penelitian, yang tidak disiplin mengikuti pola makan yang ditetapkan dalam penelitian.

Namun, akhirnya, beberapa penelitian berhasil menunjukkan hasil yang sama. Hasil itulah yang kemudian dipercaya sebagai hasil valid dari penelitian hubungan antara makanan dan kulit. Dan hasilnya, beberapa kandungan nutrisi yang terdapat dalam makanan inilah yang bisa membuat kulit terbebas dari masalah termasuk terbebas dari masalah jerawat.

Vitamin A

Vitamin A mengandung antioksidan yang sangat bermanfaat untuk kulit. Antioksidan tersebut akan membantu proses regenerasi kulit dengan menipiskan sel-sel kulit yang rusak atau mati yang dapat membuat pori-pori kulit tersumbat dan akhirnya memicu munculnya jerawat. Antioksidan yang terkandung dalam vitamin A juga dapat mengurangi produksi minyak di kulit yakni dengan membuat sebum kering (kelenjar kulit).

Hasil tersebut menegaskan bahwa jika seseorang ingin kulitnya cantik, indah, bercahaya dan bebas dari jerawat, orang tersebut harus memperbanyak konsumsi bahan makanan yang banyak mengandung vitamin A. sumber makanan yang kaya vitamin A adalah ubi jalar, bayam, kale, brokoli, wortel, cantaloupe dan paprika merah. Karena vitamin A merupakan salah satu vitamin yang sangat mudah larut dalam lemak, sebaiknya Anda mengonsumsinya bersama bahan makanan lain yang memiliki kandungan lemak baik seperti alpukat atau minyak zaitun.

Zinc

Zinc adalah salah satu nutrisi yang juga bisa membuat kulit lebih cantik dan bebas jerawat. Manfaat zinc adalah mencegah kelenjar kulit memproduksi minyak secara berlebih. Seperti yang kita tahu kulit berminyak adalah jenis kulit yang mudah ditumbuhi jerawat. Oleh sebab itu, untuk mengurangi produksi minyak di kulit Anda sangat disarankan mengonsumsi bahan makanan yang kandungan zincnya tinggi seperti daging sapi sirloin, kepiting, tiram atau keju ricotta.

Omega 3

Omega 3 adalah salah satu jenis asam lemak yang akan membantu sel-sel kulit terlindungi dari kekeringan. Jadi dengan mengonsumsinya kulit akan tetap terjaga kelembapannya. Selain itu, omega 3 juga mempunyai sifat anti inflamasi. Sifat ini membantu mempercepat penyembuhan bila kulit mengalami luka. Dan jerawat pada dasarnya adalah sebuah luka kecil di kulit. jenis bahan makanan yang mengandung omega 3 adalah ikan salmon, minyak kedelai, flaxseed dan juga minyak canola.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)