Minggu, 18 Juni 2017

Dampingi Latihan Kardio dengan Makanan Pembakar Kalori

Anda ingin menurunkan berat badan Anda dengan cara yang aman dan sehat? olahraga adalah salah satu cara paling sehat untuk membakar lemak dan kalori untuk mengimbangi asupan makanan yang masuk ke tubuh. Dengan berolahraga, tubuh menjadi lebih sehat, bugar, stamina meningkat dan tentu saja jadi lebih langsing.

Ada banyak olahraga yng bisa Anda pilih untuk memerangi obesitas. Namun beberpa ahli sepakat dan menyatakan bahwa latihan yang paling efektif untuk menurunkan berat badan dan membentuk tubuh adalah kardio. Dengan kardio, proses metabolisme tubuh termasuk pembakaran lemak dan kalori menjadi maksimal.

Namun, yang perlu Anda ketahui, pada dasarnya keberhasilan menurunkan berat badan tak semata-mata hanya bergantung pada proses latihan kardio saja. Ada beberapa faktor yang mempenbgaruhinya. Salah satunya adalah asupan makanan dan minuman pendamping latihan.

Jika pilihan makanan pendamping untuk sesi latihan kardio kurang tepat, bisa jadi misi utama untuk membakar kalori dan lemak malah tak tercapai. Alih-alih menurunkan bobot tubuh saat ditimbang, salah pilih menu juga bisa membuat tubuh makin besar. Tak mau itu terjadi? Pilihlah ke-3 makanan dan minuman dibawah ini yang telah terbukti memiliki manfaat dapat membakar kalori Anda.

Susu cokelat

Jangan pernah memilih minuman bersoda seusai Anda menyelesaikan sesi latihan kardio Anda. Minuman kemasan bersoda pada umumnya mengandung gula yang cukup tinggi sehingga jumlah kalorinya pun tinggi. Bila Anda ingin meminum minuman yang ‘manis’ seusai latihan kardio, cobalah untuk memilih menikmati satu gelas susu cokelat.

Susu cokelat, menurut penelitian yang dilakukan oleh University of James Madison, dapat menjadi minuman tepat untuk mengembalikan energi dan memulihkan stamina setelah sesi latihan yang cukup berat. Disebutkan dalam riset tersebut bahwa kandungan karbohidrat dan protein dalam susu cokelat dapat membantu pemulihat otot. Dengan begitu, tubuh kita akan merasa lebih siap untuk melakukan sesi latihan kardio selanjutnya bila memang diperlukan.

Manfaat baik lainnya, rasa cokelat pada susu bisa memberikan efek rileks dan nyaman. Latihan kardio pun akan terasa lebih menyenangkan. Rasa senang akan memicu semangat untuk latihan sehingga durasi latihan bisa lebih panjang dan variasi latihan biasa jauh lebih banyak. Hasilnya, kalori dan lemak yang terbakar jadi lebih banyak. Tubuh pun akan semakin ramping.

Kopi

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kopi adalah salah satu minuman yang memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi. Dan manfaat kafein yang paling populer di masyarakat adalah kemampuannya untuk mengusir rasa kantuk yang menyerang seseorang. Padahal tak hanya itu, kafein dalam kopi ternyata dapat menyempurnakan hasil pembakaran lemak dan kalori saat kita latihan kardio.

Kok bisa? Ya, ternyata kafein terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk berolahraga 50 persen lebih lama dibanding tanpa konsumsi kopi. Misalnya biasanya Anda hanya mampu berolah raga maksimal 30 menit, dengan minum kopi sebelum latihan, Anda akan mampu latihan selama 45 menit.

Pastinya, dengan durasi yang lebih lama, jumlah kalori atau lemak yang terbakar pun akan semakin banyak. Sebaiknya, Anda memimnum secangikir kopi 1 jam sebelum memulai sesi latihan kardio Anda.

Granola

Sebuah penelitian yang dilakukan beberapa ilmuwan di Inggris menyatakan bahwa makanan whole grain semisal granola bisa membantu meningkatkan proses metabolisme tubuh termasuk pembakaran kalori dan lemak selama sesi latihan kardio dilangsungkan. Anda bisa mengonsumsi granola ini sebelum latihan dan 3 jam sesudah latihan. Tak perlu bingung mencari granola. Sekarang ini produk granola bar mudah ditemukan dan bisa Anda dapatkan di supermarket atau kafetaria pusat kebugaran.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!