Minggu, 25 Juni 2017

Cara Mencegah Hiperpigmentasi Kulit

Kulit wajah adalah salah satu aset tak ternilai bagi seorang perempuan. Dari kulit wajah biasanya kita dinilai cantik atau tidak. Maka dari itu, jika ada masalah yang muncul terkait dengan kulit wajah biasanya kita langsung panik.

Salah satu masalah yang sering menghampiri kaum perempuan sehubungan dengan kulit wajahnya adalah munculnya noda hitam dan warna kulit yang tidak merata. Wanita lebih sering mengeluh jika kulit wajahnya putih tidak merata karena noda hitam atau flek-flek di wajah. Dalam dermatologi, kondisi seperti ini disebut hiperpigmentasi yang terjadi karena adanya sel melanosit yang dapat memproduksi melamin atau pigmen terlalu banyak. Produksi melanin dan pigmen berlebihan akan membuat kulit kita terlihat lebih hitam atau lebih gelap.

Tapi ternyata bahaya hiperpigmentasi bisa menyebabkan penuaan dini, kerutan, kulit jadi lebih sensitif dan yang lebih mengerikan lagi adalah tumor kulit. Hal ini kebanyakan terjadi pada wanita tapi ternyata pria juga bisa mengalami hiperpigmentasi. Yang jelas, keadaan ini harus kita cegah dan sebisa mungkin kita hindari karena selain mengancam kecantikan kulit wajah, hiperpigmentasi juga dapat membahayakan kesehatan tubuh kita.

Noda hitam di wajah adalah tanda awal yang paling sering ditemukan dan paling sering terjadi. Biasanya berbentuk bintik kecil berjumlah sedikit sehingga tidak terlalu kentara atau menimbulkan masalah serius pada penampilan. Namun, sekalipun terlihat remeh jangan biarkan jika flek atau noda hitam yang sudah mulai bermunculan. Apalagi bila Anda melihat bahwa bintik hitam atau flek ini semakin lama semakin banyak dan area hitamnya semakin meluas. Setidaknya, untuk Ada 4 langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya hiperpigmentasi. Berikut ini adalah 4 langkah tersebut:

1. Menghindari faktor- faktor penyebabnya

Alasan tubuh menghasilkan pigmen secara berlebihan agar dapat melindungi kulit tubuh dari paparan sinar matahari. Secara otomatis, bila terpapar matahari tubuh akan memproduksi pigmen dan melanin. Hiper pementasi juga sering terjadi apabila Anda sering salah memilih dan memakai produk kosmetik. Faktor penyebab lainnya adalah faktor keturunan atau yang biasa disebut dengan faktor genetik.

2. Perawatan yang benar dan rutin
Kulit wajah bisa merespon dengan berbeda dari berbagai macam kosmestik yang dipoles ke wajah, jadi pilihlah kosmetik yang tepat sesuai dengan kulit anda. Jangan lupa agar selalu membersihkan wajah dengan rutin setelah memakai kosmetik.

3. Mengonsumsi makanan sehat

Konsumsi makanan juga sangat berpengaruh pada kesehatan dan kecantikan kulit kita. Mengonsumsi makanan yang terdapat kandungan antiradikal bebas tidak hanya bisa mencegah noda hitam atau flek, tapi bisa juga menunda terjadinya penuaan dini pada kulit anda. Bijaklah dalam mengonsumsi makanan. Perbanyaklah konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan serta perbanyaklah minum air putih demi menjaga dan merawat kesehatan dan keindahan kulit Anda.

4. Konsultasi ke dokter

Kalau noda hitam atau flek mulai mendominasi wajah anda, segera konsultasikan ke dokter kulit agar mendapat penanganan dan perawatan yang tepat. Jangan mencoba-coba untuk menyelesaikan masalah tersebut sendiri. Karena salah penanganan bisa fatal akibatnya.
Dengan melakukan 4 langkah di atas, hiperpegmantasi kulit bisa diperlambat datangnya atau malah bisa dicegah. Dengan begitu Anda akan memiliki kulit wajah yang putih mulus terbebas dari noda hitam dan kulit yang bercahaya yang sehat. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit wajah Anda. Silahkan dicoba.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!