Sabtu, 13 Mei 2017

Olahraga Sebelum Sarapan Efektif Membakar Lemak

Anda hobi berolahraga dipagi hari? Pasti menyenangkan melakukannya. Udara pagi hari dan tubuh yang fit setelah beristirahat cukup panjang, akan membuat olahraga pagi seperti jogging atau senam pagi menjadi lebih ringan dilakukan. Pelakunya pun pasti juga akan lebih bersemangat berolahraga.

Sebaiknya, agar pembakaran lemak dan kalori dengan olahraga pagi berlangsung lebih maksimal dan efektif, Anda harus melakukannya sebelum sarapan pagi. Alasannya sangat ilmiah, hasil beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga pagi yang dilakukan sebelum perut diisi (sarapan), akan jauh lebih lebih efektif proses pembakaran lemak dan kalorinya jika dibandingkan dengan olahraga yang dilakukan setelah sarapan.

Berolahraga pagi dengan perut kosong, selain dapat memaksimalkan proses pembakaran kalori dalam tubuh juga akan membantu kita menghilangkan kelebihan lemak di sekitar pinggang dan perut. Hal tersebut sangat baik untuk kesehatan karena dapat mencegah atau membuat penurunan yang cukup signifikan dalam proses penyumbatan lemak dalam darah yang terjadi di pembuluh darah arteri. Dalam dunia kedokteran penyumbatan lemak dalam pembuluh darah bisa berisiko fatal seperti mengakibatkan terjadinya stroke hingga serangan jantung.

Namun, orang awam seperti kita, kebanyakan hanya tahu manfaat olahraga secara umum yakni untuk menjaga kesehatan, membantu menurunkan berat badan dan menjaga bentuk tubuh. Tak banyak yang tahu bahwa sebaiknya olahraga dilakukan dalam keadaan perut kosong. Tak mengherankan jika akhirnya, banyak orang yang masih bingung dan ragu apakah sebaiknya melakukan olahraga pada saat perut sudah kenyang atau dengan perut yang masih kosong.

Seorang dokter dari Glasgow University bernama Jason Gill melakukan sebuah penelitian dan menyatakan bahwa olahraga dengan perut kosong akan sangat baik buat kesehatan maupun untuk tujuan penurunan berat badan. Olahraga dengan perut kosong akan memaksa tubuh menggunakn timbunan lemak sebagai sumber energi. Dengan begitu, lemak tubuh berkurang sehingga berat badan ikut menyusut dan risiko penyakit akibat lemak pun ikut menjauh.

Penelitian tersebut dilakukan dengan objek percobaan beberapa orang pria dewasa. Mereka dijadwalkan melakukan tiga kali kunjungan pagi hari ke laboratorium di unversitas Glasgow. Dalam setiap kunjungannya, mereka akan mendapatkan menu sarapan.

Pada kelompok pria pertama, ada beberapa yang diberi sarapan dan tidak melakukan aktivitas apapun. Kelompok pria yang kedua, mereka diminta melakukan olahraga jalan cepat selama kurang lebih 60 menit sebelum searapan. Sedangkan kelompok pria ketiga, mereka diminta berolah raga yang sama, jalan cepat, hanya saja dilakukan setelah mereka semua makan pagi.

Hasilnya terdapat perbedaan mencolok dalam penyusutan lemak di tubuh ketiga kelompok pria tersebut. Kesimpulan yang pertama menyatakan bahwa mereka yang berolahraga proses pembakaran lemak dan kalorinya jauh lebih banyak ketimbang mereka yang duduk-duduk saja. Kesimpulan yang kedua dari hasil riset tersebut adalah bahwa mereka yang berolahraga sebelum sarapan pembakaran lemak tubuhnya lebih besar sekitar 33 persen dibandingkan mereka yang berolahraga setelah sarapan.

Penelitian ini juga menghasilkan kesimpulan bahwa mereka yang berolahraga sebelum sarapan, berisiko lebih kecil mengalami penyakit jantung dan penyakit kardiovaskuler lainnya disbanding dengan mereka yang berolahraga setelah sarapan. Penyebabyna, lemak tubuh banyak yang berkurang karena terpecah menjadi sumber energi dan digunakan untuk beraktivitas.

Riset tersebut juga merekomendasikan bahwa perut kosong dipagi hari aman digunakan untuk berolahraga semacam jalan cepat atau bahkan olahraga lain yang lebih berat. Asumsinya, tubuh masih memiliki cadangan energi yang bisa dan cukup digunakan dalam lemak tubuh. Cadangan energi tersebut masih bisa digunakan untuk berolahraga kurang lebih 90 hingga 120 menit. Jadi, cobalah berolahraga pagi sebelum sarapan.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)