Selasa, 09 Mei 2017

Menurunkan Berat Badan Dengan Cara Mudah

Jika memang niat menurunkan berat badan, ternyata banyak cara yang dapat dilakukan lho. Tak perlu yang susah-susah. Banyak kok kegiatan murah dan dekat dengan kegitan kita sehari-hari. Yang perlu diperhatikan, pada prinsipnya untuk menurunkan berat badan tubuh harus melakukan proses pembakaran lemak dan kalori.

Proses pembakaran lemak dan kalori bisa terjadi jika kita melakukan aktivitas fisik. Olahraga adalah salah satu kegiatan fisik yang efektif membakar kalori dan lemak dalam tubuh. Olahraga yang dilakukan secara rutin dan teratur tentu saja akan membuat penurunan berat badan berlangsung efektif dan cepat.

Tak hanya bermanfaat membantu menurunkan berat badan saja, aktivitas fisik juga dapat membuat tubuh lebih sehat dan bugar. Timbunan lemak dalam tubuh dapat memicu timbulnya penyakit seperti stroke atau penyakit jantung. Dengan berolahraga lemak tubuh seseorang hilang, tubuh lebih langsing, penyakit-penyakit menjauh dan juga tubuh menjadi lebih bugar.

Namun adakalanya kita merasa kesulitan melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Alasannya bermacam-macam. Bisa jadi olahraga favorit kita membutuhkan keterlibatan banyak orang seperti futsal misalnya. Butuh banyak orang untuk melakukannya. Butuh biaya untuk menyewa tempatnya. Anda butuh ke lokasi dan menyediakan waktu khusus untuk futsal bersama-sama teman-teman. Satu kondisi tak terpenuhi, olahraga pun batal.

Dengan alasan tersebut seringkali kita beralasan tidak bisa melakukan aktivitas fisik sehingga sulit menurunkan berat badan. Padahal, disekitar kita ini banyak sekali aktivitas fisik yang bisa kita lakukan dengan mudah. Misalnya mengerjakan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga seperti menyapu atau mengepel lantai.

Contoh tersebut tentu hanya satu dari banyak hal yang termasuk aktivitas fisik yang mudah dan murah kita lakukan. Berikut beberpa contoh aktivitas lainnya yang akan membantu kita membakar lemak dan kalori tubuh.

Jalan kaki

Jalan kaki sebenarnya juga merupakan salah satu cabang olahraga atletik. Pada praktiknya, jalan kaki merupakan dasar dari cabang olahraga jalan cepat. Ternyata menurut beberapa ahli, aktivitas berjalan kaki dapat menjadi cara yang efektif untuk menurunkan berat badan kita.

Jika Anda tak punya waktu khusus untuk olahraga jalan cepat di pagi hari cobalah untuk memperbanyak aktivitas jalan kaki Anda seperti memilih menggunakan tangga ketimbang lift, berjalan kaki menuju tempat makan siang, atau memperbanyak gerakan-gerakan jalan di rumah dan di kantor. Selain efektif membakar lemak, jalan kaki juga sangat baik untuk memperkuat jantung dan tulang.

Jika Anda memiliki waktu berolahraga di pagi atau sore hari cobalah untuk berjaln cepat di sekeliling komplek atau melakukan jogging. Sambil berolahraga agar pembakaran lemak berjalan menyenangkan dn efektif, lakukan sambil mendengarkan musik favorit Anda.

Pekerjaan rumah tangga

Melakukan pekerjaan rumah tangga bisa menjadi sebuah aktivitas fisik yang membantu kita menurunkan berat badan juga. Apalagi, jika Anda konsisten dan rutin melakukan pekerjaan rumah tangga tersebut di pagi hari ataupun disore hari. Selain rumah jadi lebih bersih, tubuh Anda pun semakin sehat dan tentu saja berat badan Anda ikut berkurang. Menyenangkan bukan?

Pekerjaan-pekerjaan yang bisa Anda lakukan untuk membakar kalori adalah pekerjaan rumah tangga seperti :
  • menyapu atau mengepel lantai
  • mencuci baju atau mencuci piring
  • proses memasak
kegiatan-kegiatan tersebut memungkinkan badan untuk terus bergerak, membungkuk, dan melatih otot tangan, kaki dan betis, dan juga paha.

Berkegiatan bersama anak-anak

Punya anak yang masih kecil di rumah? Anda beruntung. Anda bisa memanfaatkan momen kebersamaan bersama sang buah hati untuk mempererat hubungan Anda sekaligus menjadi aktivitas fisik yang membantu membakar kalori.

Saat bersama si kecil, pilihlah aktivitas-aktivitas yang memungkinkan Anda dan dia bergerak seperti main petak umpet, main kejar-kejaran, lompat tali atau main kuda-kudaan. Dengan melakukannya, Anda akan mendapatkan mafaat olahraga si kecil pun kemampuan motoriknya jadi lebih terasah.

Ketiga hal tersebut dapat dilakukan di rumah dan di kantor. Jadi, kini Anda tak punya lagi alasan tak bisa melakukan aktivitas fisik untuk menurunkan berat badan. Selamat beraktivitas dan wujudkan tubuh ramping ideal dan sehat.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)