Minggu, 07 Mei 2017

Manfaat Sabun Pepaya

Pepaya adalah buah yang sering kita jumpai baik itu di pasar tradisional maupun swalayan. Sudah sejak lama diketahui bahwa papaya memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan. Menurut penelitian, buah papaya mengandung bermacam vitamin, enzim serta mineral dan serat. Vitamin yang banyak ditemukan dalam buah papaya antara lain A, C, B Kompleks dan E. Oleh karenanya, buah papaya bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit.

Sejak beberapa tahun yang lalu, papaya sudah mulai digunakan sebagai bahan pembuat sabun. Sabun buah papaya cukup disukai oleh masyarakat karena banyaknya khasiat yang terkandung di dalamnya. Menurut berbagai penelitian yang dilakukan, sabun yang mengandung ekstrak buah papaya memberikan manfaat yang sama seperti buah papaya itu sendiri. ekstrak yang didapatkan dengan cara yang benar tidak akan mengurangi kandungan vitamin, mineral serta enzim papain yang ada dalam buah, bahkan berbagai vitamin, mineral serta enzim tersebut akan lebih cepat diserap oleh kulit saat telah diubah menjadi ekstrak. Sabun papaya diketahui dapat membantu memperbaiki kondisi kulit, dan hal tersebut sudah terbukti.

Waspada Bahan Berbahaya

Banyak sabun kecantikan yang beredar di pasaran saat ini masih mengaplikasikan berbagai senyawa kimia. Patut kita sadari dan ketahui bahwa bahan kimia yang digunakan untuk pembuatan sabun kecantikan tersebut didapatkan melalui proses kimia. Selain itu, bahan kimia juga bisa membahayakan, baik kulit maupun kesehatan diri kita. Beberapa sabun kecantikan bahkan diketahui mengandung merkuri yang tentunya sangat berbahaya karena bisa mengakibatkan pengelupasan kulit dan bahkan menyebabkan penyakit ginjal dan kanker. Oleh karenanya, sabun papaya menjadi satu alternative pengganti yang cocok karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya sehingga tidak membahayakan kulit maupun kesehatan.

Manfaat Buah Pepaya Bagi Kulit

Manfaat dari buah papaya adalah:
  • Mengandung senyawa Alpha-Hydroxy Acids atau AHA yang merupakan bahan alami pencegah penuaan dini dan diketahui dapat membantu meremajakan, membersihkan serta melembabkan kulit.
  • Mengandung Enzim Papain yang secara efektif dapat membantu mengangkat sel kulit yang mati.
  • Mengandung Vitamin C yang merupakan antioksidan alami yang sangat kuat menangkal radikal bebas. Selain itu, Viatmin C juga dapat mencerahkan kulit, mencegah terjadinya kerusakan kulit serta mempertahankan kelembaban kulit.
  • Mengandung Vitamin E yang juga dapat menghambat terjadinya proses penuaan dini.
  • Mengandung zat yang bersifat karsinogenik yang dapat mencegah terjadinya penyakit kanker dan anti-aging.
  • Selain itu, buah papaya juga diketahui mengandung Vitamin A, fosfor, betakaroten, dsb. yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.
Bahan Dasar Sabun Pepaya

Bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan sabun papaya antara lain adalah:
  • Pepaya (buah segar maupun ekstrak)
  • Minyak goreng
  • Texafon
  • Dextrin
  • NaOH
  • Air
  • Dan beberapa bahan lain
Kombinasikan Dengan Masker

Dilihat dari komposisi bahan yang dipergunakan, papaya menjadi satu bahan pokok yakni sekitar 53% dari keseluruhan bahan. Dengan demikian, manfaat yang terkandung dalam buah papaya masih bisa didapatkan. Jika kita tidak sempat atau kesulitan untuk membuat sabun papaya sendiri, maka kita tidak perlu khawatir karena kini sudah banyak produsen atau perusahaan yang membuat sabun dengan bahan papaya alami. Namun, saat memilih kita harus mencermati bahwa sabun tersebut tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang justru akan membahayakan kesehatan kulit kita. Namun, selain menggunakan sabun juga sangat disarankan untuk menggunakan masker pepaya.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)