Jumat, 19 Mei 2017

Cara Menghilangkan Bekas Luka

Aduh, kesal rasanya memiliki bekas luka menghitam di tubuh. Entah itu bekas jatuh, tekena panas knalpot ataupun luka bekas gigitan nyamuk. Bekas luka menghitam itu sering mengganggu penampilan kita sehingga kita jadi tak percaya diri dibuatnya.

Tapi siapa sih yang tak pernah terluka? Setiap orang pasti pernah terluka. Tidak mungkin tidak. Tapi kenapa ada orang-orang yang sepertinya memiliki kulit tak bercacat seolah-olah tak pernah tergores luka?

Memang, sepertinya, ada orang-orang yang bekas lukanya mudah menghilang begitu saja sementara ada orang yang hanya sedikit terluka namun bekas lukanya sangat membekas. Konon, katanya penyebab bekas luka yang susah hilang adalah karena darah orang itu ‘manis’. Darah manis sering pula diistilahkan dengan darah kotor. Keadaan darah kotor itulah yang menyebabkan bekas luka kita menghitam yang susah sekali dihilangkan.

Hal lain yang dapat menyebabkan bekas luka jadi lebih cepat menghitam dan membekas adalah kandungan melanin yang cukup tinggi dalam kulit. Saat terluka, perlu diketahui bahwa melanin akan meningkat sehingga membuat bekas luka kita jadi menghitam. Nah masalahnya adalah, kandungan melanin dalam tubuh setiap orang berbeda-beda. Orang dengan kandungan melanin tinggi akan jika terluka akan sangat mudah meninggalkan bekas menghitam.

Jika Anda merasa bahwa Anda termasuk orang yang gampang memiliki bekas luka, tak perlu khawatir. Bekas luka sekalipun membandel tetap dapat dihilangkan minimal disamarkan. Ada banyak cara yang bisa Anda tempuh untuk menghilangkan bekas luka tersebut mulai dari operasi plastik yang menelan biaya puluhan juta hingga menggunakan perawatan alami yang murah dan tanpa efek samping.

Satu yang pasti, bekas luka Anda pasti bisa disamarkan seiring dengan regenerasi sel kulit. Hanya saja memang perlu waktu dan cara yang tepat agar proses regenerasi sel kulit yang sudah rusak berganti sel kulit yang baru berjalan maksimal. 

Untuk menunjang proses regenerasi jaringan dan sel kulit agar berjalan maksimal, perlu langkah-langkah berikut ini:
  • Jagalah kelembapan kulit Anda. Tubuh kita sebagian besar terdiri atas air. Demikian sel kita tak terkecuali sel kulit kita. Jadi, kulit kita butuh air sebagai nutrisi. Agar regenerasi sel berjalan maksimal, banyak-banyaklah meminum air putih supaya kelembapan kulit kita terjaga.
  • Konsumsilah buah-buahan segar dalam jumlah yang cukup. Kekayaan vitamin dan antioksidan dalam buah dapat membantu pengelupasan sel sehingga regenerasi kulit lebih maksimal. hasilnya kulit jadi tidak kusam dan lebih cerah.
  • Scrubbing dan Pelling. Dua langkah ini akan membantu tubuh melakukan pengelupasan sel-sel kulit yang telah rusak dan mati. Namun, sekalipun dapat membantu Anda memutihkan bekas luka yang menghitam, Anda tidak boleh terlalu sering melakukannya karena dapat merusak keseimbangan kulit sehingga kulit menjadi lebih tipis.
  • Gunakan lotion tabir surya. Setiap hendak beraktifitas di bawah sinar matahari, untuk mencegah kulit terbakar, Anda perlu menggunakan tabir surya. Kulit yang terbakar biasanya akan menjadi kemerahan dan kemudian berubah menjadi lebih gelap.
  • Pakailah body lotion dengan teratur. Sekarang ini banyak beredar di pasaran body lotion dengan pencerah. Anda bisa menggunakannya untuk membantu menghilangkan bekas luka Anda. Yang wajib di perhatikan, pilihlah lotion yang aman dan cocok di kulit Anda.
  • Gunakan ramuan alami. Ada banyak ramuan alami untuk menghilangkan bekas luka seperti lendir tumbuhan lidah buaya. Pasti mudah membuat dan mengaplikasikannya. Hanya saja biasanya cara alami ini kurang diminati karena hasilnya baru tampak dalam waktu yang cukup lama.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)