Jumat, 19 Mei 2017

Cara Berhenti Merokok

Jumlah perokok di Indonesia ternyata justru malah mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Hal ini tentu saja mencengangkan karena kampanye tentang bahaya merokok sudah semakin gencar di galakkan dan harga rokok pun juga semakin mahal. Namun ada juga hal positif yang terjadi, yakni jumlah perokok aktif yang berniat untuk berhenti juga meningkat. Banyak alasan yang dikemukakan perokok ketika ditanya mengapa mereka ingin berhenti merokok. Salah satu alasan yang paling klasik tentu saja adalah karena kesadaran akan bahaya dari tembakau atau rokok. Kemudian ada pula yang mengatakan karena harga rokok yang semakin mahal, alasan keluarga dan tuntutan pekerjaan.

Namun semua tentu tahu bahwa berhenti merokok tidaklah semudah yang dibayangkan. Seringkali orang yang sudah berhenti merokok selama beberapa minggu atau bulan kembali menjadi perokok aktif. Hal ini tentu saja tidak lepas dari sifat adiktif tembakau. Menurut beberapa ahli, berhenti merokok tidak sesulit yang dibayangkan. Mereka mengatakan yang menjadi dasar seseorang dapat berhenti merokok adalah niat yang kuat didukung dengan menajemen yang baik. 

Berikut ada beberapa tips untuk berhenti merokok dikutip dari berbagai sumber:
  • Berhenti total. Untuk berhenti, perokok tidak perlu mengurangi jumlah rokok yang dihisap setiap harinya. Berhenti seketika bisa secara instan menghilangkan perasaan ingin merokok.

    Menghindari untuk sementara lingkungan perokok. Saat sudah bisa berhenti, maka ada baiknya untuk sementara menghindari pergaulan dengan para perokok agar perasaan untuk kembali merokok tidak kembali datang.
  • Beritahukan kepada teman, saudara atau yang lainya bahwa Anda sudah berhenti merokok. Mintalah dukungan kepada mereka agar Anda jangan sampai kembali merokok serta kemukakan alasan mengapa Anda ingin berhenti.
     
  • Setiap kali perasaan ingin merokok datang, sebaiknya alihkan kepada sesuatu yang bermanfaat seperti berolahraga ringan atau mengisi waktu dengan pekerjaan. Hal ini dapat membuat Anda lupa untuk merokok.
     
  • Konsultasi ke dokter spesialis paru bisa memberikan motivasi lebih untuk berhenti merokok.
     
  • Buat perencanaan untuk membeli sesuatu dengan uang yang biasanya Anda gunakan untuk membeli rokok. Buat suatu target untuk membeli sesuatu dalam beberapa minggu atau bulan ke depan. Kemudian alokasikan uang setiap hari setara dengan nilai uang yang anda keluarkan untuk rokok.
     
  • Menemui hypnoterapis. Hal ini menjadi salah satu yang paling populer saat ini karena dipercaya hipnoterapis dapat menghapus sugesti akan rokok.
Perlu pula diketahui bahwa berhenti merokok dengan cara mengganti dengan makanan ringan atau permen tidaklah efektif. Makanan ringan biasanya mengandung lemak yang cukup tinggi yang justru akan memberikan masalah yang lain, yakni kegemukan dan masalah kesehatan yang lain. Sedangkan permen banyak mengandung gula sehingga justru akan dapat mendongkrak tingkat gula darah Anda.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)