Jumat, 19 Mei 2017

10 Tips Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan

Apakah anda merasa timbunan lemak dalam tubuh anda mulai membuat anda terlihat gemuk? Apakah anda ingin menurunkan berat badan tidak hanya untuk jangka pendek tetapi juga jangka panjang? Jika jawaban dari kedua pertanyaan tersebut adalah “iya”, maka berikut ini adalah 10 peraturan yang harus anda ikuti agar sukses menurunkan berat badan anda:

1. Olahraga cardio

Lakukan latihan cardio anda secara teratur dan disiplin. Latihan semacam ini akan membuat jantung anda bekerja keras hingga anda terengah-engah selama 20 – 30 menit. Latihan cardio anda harus dilakukan sebanyak 5-6 kali setiap minggunya untuk menurunkan berat badan anda secara signifikan. Lakukan latihan yang sama sebanyak 2-3 kali tiap minggu untuk menjaga berat tubuh anda.

2. Bangun otot anda

Setiap bagian otot yang anda miliki dapat membakar kalori berlebih di tubuh anda biarpun di saat anda sedang tidur. Semakin banyak jaringan otot yang anda miliki, maka secara otomatis jumlah kalori yang dibakar akan semakin banyak pula. Membentuk otot di tubuh adalah salah satu cara pasti untuk mengurangi lapisan lemak di tubuh anda.

3. Makan karbohidrat di pagi hari

Makanan yang mengandung karbohidrat sangat penting untuk dimakan di pagi hari untuk mengurangi asupan karbohidrat di sore dan malam hari. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi jumlah karbohidrat tak terpakai yang secara otomatis akan diubah menjadi lemak ketika anda tidur. Selain itu, metode ini juga berguna untuk mengatur kadar insulin di tubuh.

4. Jangan terlalu takut dengan lemak

Lemak yang buruk bagi tubuh anda adalah trans-fat dan lemak jenuh. Anda sangat disarankan untuk mengganti asupan lemak anda dengan lemak tak jenuh dan EFA (essential fatty acid). Kedua jenis lemak tersebut sangat baik bagi tubuh anda terutama untuk menghindari penyakit yang diakibatkan lemak berlebih. Tetapi anda harus tetap ingat untuk mengontrol jumlah asupan lemak anda.

5. Karbohidrat kompleks

Pilih jenis karbohidrat anda dengan sangat teliti. Anda harus menghindari karbohidrat yang berasal dari tepung atau karbohidrat olahan seperti pizza, pasta, roti putih dan nasi putih. Ganti sumber karbohidrat utama anda dengan nasi coklat, roti gandum serta bahan makanan dengan berserat tinggi seperti sayur-sayuran dengan daun berwarna hijau.

6. Porsi makanan

Tentukan seberapa banyak anda akan makan dan anda harus patuh pada peraturan yang dibuat tersebut. Makan secara perlahan untuk memberikan sinyal ke otak bahwa anda telah cukup kenyang. Proses tersebut biasanya berlangsung selama 20 menit. Makan berlebih akan membuat tumpukan lemak dalam tubuh meningkat jika tidak bisa di proses menjadi energi.

7. Hindari makanan dalam kaleng
Makanan kalengan biasanya banyak mengandung trans-fat, sodium, gula dan segala macam jenis karbohidrat lain yang bisa menaikkan berat badan anda.

8. Makan lebih sering

Dengan lebih sering makan, kira-kira dengan interval waktu selama 3 jam, tubuh anda akan berpikir bahwa asupan makanan sangat melimpah dan tidak akan menimbun lemak dalam tubuh. Tetapi anda harus tetap ingat untuk memakan dalam porsi yang kecil agar menghindari asupan kalori yang berlebih.

9. Tidur selama 8 jam sehari

Telah banyak riset yang mengatakan bahwa orang yang kurang tidur akan membuat mereka menjadi lebih cepat gemuk.

10. Jangan melewati waktu makan

Melewati waktu makan akan membuat metabolisme tubuh anda menjadi bertambah lambat dan memaksa tubuh untuk memproses energi dari jaringan otot anda daripada jaringan lemak tubuh. Ini adalah cara yang sangat tidak dianjurkan karena semakin sedikit jaringan oto yang anda punya maka tingkat metabolisme tubuh anda akan semakin melambat pula.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)