Sabtu, 08 April 2017

6 Cara Cepat Bakar Kalori Setelah Latihan Kardio

6 Cara Cepat Bakar Kalori Setelah Latihan Kardio
6 Cara Cepat Bakar Kalori Setelah Latihan Kardio
Olahraga kardio merupakan salah satu olahraga yang dapat membakar lemak dan kalori dengan cepat. Lebih hebatnya lagi, walaupun rangkaian latihan kardio telah usai, proses pembakaran lemak dan kalori tetap akan berjalan. Tapi ada beberapa hal yang harus dilakukan agar Anda bisa tetap mendapatkan semua manfaat tersebut. Berikut cara-caranya:

1. Minum air dingin
Minum air dingin dipercaya dapat membuat rangkaian latihan kardio menjadi lebih ringan. Tapi tak hanya itu saja, sejumlah penelitian yang dilakukan di Inggris mengungkapkan data bahwa orang yang setelah sesi latihan kardio meminum air dingin proses pembakaran kalori akan berlangsung 25 persen lebih lama jika dibandingkan dengan orang yang meminum air hangat seusai latihannya.

Namun, pada dasarnya, air dingin tidak hanya baik dikonsumsi seusai latihan untuk menurunkan suhu tubuh. Dalam penelitian-penelitian tersebut, air dingin juga diungkan baik diminum sebelum latihan. Konsumsi air dingin sebelum dan selama olahraga akan membantu menambah stamina sesoerang. Bertambahnya stamina akan membuat orang tersebut dapat melakukan olah raga lebih baik dan lebih lama sehingga dapat membakar lemak dan kalori lebih banyak.

2. Gerakan tangan saat jalan kaki

Seusai latihan kardio atau olahraga lainnya, Anda pasti tentu harus berjalan kaki jarak dekat untuk mengambil sesuatu, ke toilet, atau bahkan ke tempat parkir. Selama berjalan kaki itu, agar proses pembakaran kalori tetap berlangsung, cobalah tetap menggerakkan tangan Anda. Caranya cukup mudah. Tekuk siku sebesar 90 derajat untuk mengayunkan tangan mengiringi setiap langkah kaki Anda. Hasilnya akan cukup membuat Anda senang lho. Dengan melakukannya Anda akan membakar kalori 15 persen lebih banyak.

3. Latihan sambil mendengarkan musik kesuakaan

Hasil riset yang dilakukan University of West London’s Brunel menyebutkan bahwa mendengarkan lagu atau musik kesukaan selama melakukan sesi kardio atau berolahraga dapat membuat tubuh melalukan pembakaran lemak 20 persen lebih banyak jika disbanding dengan ltihan biasa tanpa musik.

Penyebabnya, musik membuat seseorang lebih rileks, tidak mudah bosan dan bersemangat dalam berlatih. Sehingga, saat latihan, tanpa terasa, tubuh bergerak lebih cepat. Hal itu dijelaskan langsung oleh ketua penelitian, Costas Karageorghis,PhD.

4. Tambah beban

Ketika Anda berlatih dengan menggunakan dumbbells atau beban, cobalah untuk menambah beban disbanding melakukan pengulangan gerakan atau repetisi lebih banyak dibangding biasanya. Penambahan beban akan membuat pembakaran kalori berlangsung lebih lama bahkan kalori akan tetap terbakar setelah latihan berakhir. Dengan cara ini kalori akan terbakar akan bertambah sekitar 25 persen.

Bahkan penambahan beban juga akan membuat metabolisme tubuh meningkat saat tidur. Jadi, kalori dan lemak tetap akan dibakar 8 persen lebih banyak saat kita tidur. Jika dikalkulasi selama satu tahun, dengan proses pembakaran kalori selama kita tidur, lemak tubuh terbuang sejumlah 2,5 kg.

5. Olahraga di ruang terbuka

Cara lain agar latihan Anda bisa maksimal membakar lemak adalah dengan melakukan latihan di ruang terbuka. Dengan melakukan hal ini proses pembakaran lemak meningkat menjadi 10 persen lebih efektif. Hal ini semakin maksimal ketika saat olahraga tubuh menghadap melawan arah angin. Alasannya, tubuh akan memerlukan lebih banyak energi untuk melakukan gerakan ketika melawan arah angin.

6. Lakukan peregangan sebelum berolah raga

Agar dapat melalui sesi latihan kardio dengan baik hingga akhir, jangan lupa lakukan peregangan lebih dahulu. Peregangan akan membuat otot fleksibel dan lebih kuat sehingga Anda bisa menambah beban atau pemperpanjang sesi latihan. Dengan begitu, kalori dan lemak akan terbakar lebih banyak.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)