Kamis, 23 Maret 2017

Tips Kehamilan Trimester Pertama

Tips Kehamilan Trimester Pertama
Tips Kehamilan Trimester Pertama
Masa kehamilan trimester pertama merupakan masa yang rawan dan penuh tantangan bagi setiap Ibu dan juga Ayah. Kandungan yang belum mapan membuat Ibu harus lebih berhati – hati menjaga kehamilannya agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan. Beberapa keluhan kesehatan pun sering muncul pada trimester pertama kehamilan ini. Ibu harus mempersiapkan fisik dan mental dengan baik untuk menghadapi kehamilan di tiga bulan pertama. Agar proses kehamilan berjalan lancar dan Ibu bisa menjaga kandungan tetap sehat, berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan.

Perubahan hormon secara drastis sering kali membuat Ibu mengalami mual muntah pada trimester pertama. Hindari dehidrasi karena terlalu banyak muntah dengan cukup minum air putih dan jus buah yang juga dapat menimbulkan rasa segar. Makan dalam porsi kecil tapi lebih sering agar perut Ibu lebih mudah mencerna. Pilih makanan yang juga mudah dicerna seperti nasi, ubi, jagung, kentang, dan sebagainya.
  • Hindari bau–bauan yang menyengat yang dapat memperparah rasa mual Ibu.

    Agar mual di pagi hari tidak terasa terlalu parah, usahakan untuk tidak bangun langsung. Lakukan perlahan – lahan dan santai agar Ibu bisa merasa lebih rileks.
     
  • Kurangi makan makanan yang berlemak yang dapat memperparah rasa mual.

    Sediakan beberapa camilan sehat dan rendah garam yang dapat Ibu nikmati kapan pun saat santai. Sediakan pula air putih dan jus yang dapat langsung Ibu minum saat merasa mual. Pililah makanan ringan seperti roti gandum, biskuit, kacang atau buah sebagai camilan sehat Ibu. Usahakan Ibu menyikat gigi setelah muntah untuk menjaga kebersihan rongga mulut. Gunakan air hangat untuk berkumur bila rasa dan aroma pasta gigi semakin membuat Ibu semakin mual.
     
  • Minum lebih banyak air putih apabila Ibu mengalami sembelit.

    Jika Ibu mengalami sulit tidur, minumlah susu hangat agar tubuh menjadi lebih rileks. Di trimester pertama kehamilan, Ibu mungkin akan merasa tidak nyaman saat bangun tidur. Berusahalah untuk santai dan tidak langsung bangkit agar tidak pusing dan mual. Bila perlu, makanlah sedikit camilan di atas tempat tidur sebelum Ibu bangkit dan memulai aktifitas.
Menjalani kehamilan di trimester pertama pada umumnya sangat menantang bagi setiap Ibu. Agar lebih mudah, sangat penting bagi Ibu untuk mencari informasi sebanyak – banyaknya dari berbagai media. Bergabunglah ke komunitas ibu – ibu hamil yang sekarang dapat ditemukan dengan mudah di internet. dalam komunitas ini, Ibu bisa berbagi banyak informasi seputar kehamilan serta cerita dan pengalaman menarik yang dapat membuat Ibu menjalani kehamilan dengan lebih dan sehat.

Mulailah membiasakan untuk mengenakan pakaian longgar. Meski perut Ibu belum tampak membesar pada trimester pertama, pakaian longgar dapat meningkatkan rasa nyaman dalam tubuh sehingga keluhan – keluhan kehamilan di trimester pertama tidak begitu terasa lagi. Segera periksakan kedokter ketika Ibu merasakan sakit di bagian perut atau terjadi flek atau pendarahan.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)