Sabtu, 04 Maret 2017

Menurunkan Kadar Kolesterol Lewat Menu Makanan

Menurunkan Kadar Kolesterol Lewat Menu Makanan
Menurunkan Kadar Kolesterol Lewat Menu Makanan
Cara menurunkan kadar kolesterol yg mudah adalah dengan mengubah pola makan kita. Untuk itu kita perlu mengubah daftar belanja dan menggantinya dengan bahan makanan yg lebih sehat. Hal ini memang akan berdampak pada nafsu makan di awalnya, namun tergolong murah dan mudah untuk dilakukan.

Pertama, lihatlah isi dapur kita. Ganti minyak goreng yg biasa dipakai dengan minyak zaitun atau minyak dari biji bunga matahari. Kurangi penggunaan garam dan juga santan dalam menu makanan. Cek isi lemari es, pastikan bahwa bahan makanan dengan lemak tinggi tidak ada didalamnya.

Ubah cara memasak yg biasa dilakukan. Kurangi memasak dengan menggunakan minyak dan santan. Mulailah memasak dengan cara dipanggang, dikukus atau direbus. Karena dengan cara itu akan mengurangi penggunaan minyak goreng dan tentu saja akan mengurangi kandungan lemak yg ada di makanan kita.

Biasakan juga untuk makan makanan yg banyak mengandung serat (buah dan sayuran). Hindari buah dan sayur yg dikemas dalam kemasan kaleng.

Semakin banyak konsumsi sayuran dan buah akan semakin rendah konsumsi kolesterol yg masuk ke dalam tubuh kita.

Makanan Pemicu Kolesterol

Banyak penyakit yg timbul akibat apa yg kita makan. Termasuk juga penyakit kolesterol tinggi. Kadangkala kita juga tidak tahu bahwa apa yang masuk ke dalam tubuh kita mempunyai kadar kolesterol tinggi.

Sebenarnya apabila kita makan sesuai dengan apa yg kita butuhkan dan pola makan kita sudah baik tentu saja sudah cukup. Tetapi terkadang kita terlalu banyak makan dan mengkonsumsi makanan yg enak (dengan kadar kolesterol tinggi) dan melupakan konsumsi buah dan sayur.

Makanan yg dapat mengakibatkan kolesterol meningkat biasanya ditemukan pada makanan yg berbahan dasar hewan dan diolah dengan cara digoreng (menggunakan minyak).

Untuk mengurangi kadar kolesterol yg tinggi pada beberapa jenis makanan, sebaiknya pengolahan makanan diubah, dari goreng menjadi rebus/kukus. Sehingga kadar kolesterolnya bisa berkurang.
Dan jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan dengan serat tinggi (buah dan sayur).

Beberapa jenis makanan yg mengandung kadar kolesterol tinggi diantaranya: 
  1. Santan kelapa, dengan kadar kolesterol 185 mg/10 gr
  2. Susu sapi, dengan kadar kolesterol antara 250-280 mg/10 gr
  3. Coklat, dengan kadar kolesterol 290 mg/10 gr
  4. Mentega, dengan kadar kolesterol 300 mg/10 gr
  5. Jeroan, dengan kadar kolesterol 350-600 mg/10 gr
  6. Kuning telur ayam, dengan kadar kolesterol 2000 mg/10 gr
  7. Telur puyuh, dengan kadar kolesterol 3600 mg/ 10 gr

Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)