Rabu, 29 Maret 2017

Mengatasi Bengkak Saat Hamil

Mengatasi Bengkak Saat Hamil
Mengatasi Bengkak Saat Hamil
Pada saat hamil, akan mengalami perubahan drastis pada postur tubuh anda. Perubahan tersebut adalah hal yang wajar selama tidak menimbulkan tanda-tanda yang abnormal. Keluhan abnormal yang terjadi biasanya ditandai dengan menurunnya kondisi kesehatan, berkurangnya nafsu makan, berat badan berkurang dan membengkaknya beberapa bagian tubuh yang tidak wajar selama kehamilan.

Umumnya, keluhan ibu hamil yang sering dijumpai adalah kaki yang bengkak. Kondisi ini disebabkan karena kaki menahan beban yang lebih berat dari keadaan normal. Sebenarnya kondisi ini masih dikatakan normal, tapi apabila bengkak pada kaki semakin bertambah, anda harus mencari solusi untuk mengatasinya.

Terjadinya perubahan postur tubuh selama kehamilan disebabkan oleh perubahan hormon. Sedangkan penyebab kaki yang membengkak adalah karena tubuh cenderung menahan cairan sebesar 30% lebih banyak dari keadaan normal. Kondisi rahim yang semakin membesar akan memperparah keberadaan cairan yang tertahan di bagian kaki, karena pembuluh darah balik di bagian kaki terhambat sehingga arus balik darah ke jantung menjadi terganggu.

Umumnya, kondisi kaki bengkak ini dialami oleh ibu hamil yang memasuki trimester ketiga kehamilan, karena berat badan yang semakin bertambah sehingga beban di kaki semakin berat. Kondisi ini memang masih wajar, namun seringkali membuat tidak nyaman. Untuk itu, anda perlu menjauhi faktor yang menyebabkan kaki bengkak semakin parah, sehingga anda akan tetap merasa nyaman selama kehamilan.

Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kaki bengkak selama kehamilan:

Saat tidur, sebaiknya posisi badan anda miring ke kiri. Tidur dengan posisi miring ke kiri selain angat dianjurkan bagi umat muslim, posisi ini akan membuat pembuluh darah balik berada di bagian kanan tubuh sehingga membuat tekanan tubuh anda berkurang.

Saat duduk, usahakan posisi kaki lebih tinggi dari jantung anda. Posisi ini akan membantu dalam mengatur peredaran darah. Saat tidur pun anda bisa menggunakan bantal untuk mengganjal kedua kaki anda sehingga posisi kaki anda lebih tinggi dari kepala dan jantung.

Jika anda sedang berenang, cobalah untuk berjalan di dasar kolam. Daya apung dari kolam tersebut akan dapat mengangkat bayi dalam kandungan anda, sehingga mampu mengatur sirkulasi darah secara normal pada ibu hamil.

Saat kondisi kehamilan semakin membesar, sebaiknya anda jangan memaksakan diri untuk berdiri dalam jangka waktu yang lama, terlebih jika anda merasakan pegal. Pegal yang anda rasakan tersebut merupakan tanda bahwa peredaran darah anda terganggu dan otot anda mengalami kelelahan.

Hindari memakai sepatu yang mengikat kaki atau yang ukurannya kekecilan. Pemakaian sepatu yang mengikat kaki atau kekecilan justru akan menghambat peredaran darah anda.

Gerakan ringan dapat membantu anda mengurangi bengkak di kaki, misalnya dengan menggerakkan pergelangan kaki anda ketika sedang duduk dengan cara ditekuk atau dengan gerakan melingkar. Gerakan pergelangan kaki yang melingkar ini akan dapat mengurangi bengkak pada bagian kaki.

Seimbangkan konsumsi menu makanan anda, terutama makanan yang mengandung garam. Makanlah makanan yang mengandung garam dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan.
Rutin berolahraga selama kehamilan dapat membantu menjaga kesehatan anda selama hamil.

Olahraga yang tepat yang dilakukan selama masa kehamilan akan dapat membantu mengatasi keluhan kehamilan. Latihan pernafasan juga sangat bermanfaat untuk membantu mempersiapkan persalinan. Untuk olahraga yang tepat selama kehamilan, anda dapat berkonsultasi dengan dokter anda.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)