Kamis, 02 Maret 2017

10 Makanan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

10 Makanan yang sehat untuk Ibu Hamil dan Menyusui akan menjadi topik kita pada hari ini. Pada ulasan sebelumnya kami sudah memberikan beberapa artikel lainya yang bisa sobat baca langsung selain dari artikel tentang kehamilan yang akan kami ulas pada tulisan ini. Setiap wanita berharap menjadi ibu. Seorang wanita mendapat tanggung jawab yang cukup besar ketika sedang hamil atau mengandung.

10 Makanan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil dan Menyusui
10 Makanan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil dan Menyusui
Pola makan, olahraga serta konsultasi kesehatan secara rutin kepada dokter ataupun bidan sangat diperlukan. Kegiatan yang paling berpengaruh ketika hamil maupun menyusui adalah pola makan dan jenis makanan. Konsumsi makanan yang bergizi tentunya sangat diperhatikan dan diperlukan. Berikut ini kami sampaikan 10 makanan sehat bagi ibu hamil:

1. Telur

Telur mengandung lebih dari 12 vitamin dan mineral. Telur mengandung kolin yang membantu pertumbuhan bayi dan kesehatan otak, membantu mencegah tabung saraf. Ada yang mengandung lemak omega-3 yang penting dan baik bagi otak dan pengembangan penglihatan.
2. Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung protein tinggi, DHA dan lemak omega-3. DHA sangat baik untuk perkembangan sistem saraf bayi.  Selain itu, kandungan merkury pada ikan salmon lebih rendah daripada kandungan merkury pada jenis ikan lain. Merkury dapat berbahaya terhadap perkembangan saraf bayi. Konsumsi ikan salmon dibatasi 12 ons per minggu untuk mengurangi bahaya merkuri tersebut.

3. Buncis

Buncis mengandung serat dan protein yang paling banyak pada sayuran. Serat membantu mengatasi sembelit dan wasir pada saat kehamilan. Apalagi biasanya ibu hamil mengalami masalah konstipasi (sembelit) ini. Biji buncis mengandung folat, zat besi, kalsium dan seng yang baik bagi tubuh.

4. Ubi Jalar

Ubi jalar mengandung vitamin C, serat  dan folat. Warna oranye pada ubi jalar oranye mengandung zat karotenoid yang akan diubah menjadi vitamin A. Mengkonsumsi vitamin A (yang berasal dari Hati, susu dan telur) bisa berbahaya, akan tetapi karotenoid akan dikonversi kedalam vitamin A hanya jika diperlukan saja sehingga tidak perlu dibatasi dalam mengkonsumsinya.

5. Sayuran berwarna hijau tua

Sayuran yang berwarna hijau mengandung nutrisi yang baik, banyak mengandung vitamin A, C, dan K serta folat yang sangat penting bagi tubuh.

6. Konsumsi daging tanpa lemak.

Kebutuhan zat besi harian menjadi dua kali lipat ketika hamil, sehingga penting untuk mengkonsumsi makanan kaya zat besi. Konsumsi daging tanpa lemak dapat membantu memenuhi kebutuhan zat besi ibu dan bayi.

7. Buah-Buahan seperti Bluberri, Jeruk dan lain-lain

Ibu menyusui paling tidak harus mendapat dua atau lebih porsi buah atau jus setiap harinya. Blueberry kaya antioksidan, vitamin, mineral dan karbohidrat dalam dosis yang sehat untuk menhaga tingkat energi tubuh.Jeruk mengandung vitamin C yang sangat diperlukan oleh ibu hamil dan ibu menyusui (konsumsi vitamin C saat menyusui lebih tinggi daripada saat hamil).

8. Brokoli

Brokoli mengandung nutrisi yang diperlukan untuk kehamilan yang sehat seperti  kalsium dan folat. Brokoli mengandung juga serat dan antioksidan untuk melawan penyakit. Vitamin C pada brokoli membantu untuk menyerap zat besi.

9. Susu tanpa Lemak

Ketika hamil tubuh menyerap dua kali lebih banyak kalsium dari makanan. Apabila kebutuhan kalsium tidak terpenuhi ketika hamil maka tubuh akan menyerap kalsium pada tulang belakang oleh sebab itu perlu asupan tambahan makanan yang tinggi kalsium. Setiap gelas susu tanpa lemak memasok sekitar 40% dari kecukupan gizi yang dianjurkan dari 1000 miligram.

10. Roti gandum (whole wheat bread) atau Sereal gandum

Asam folat sangat diperlukan ketika hamil dan menyusui. Salah satu sumber terbaik asam folat adalah roti gandum yang juga menyumbangkan serta serta zat besi bagi ibu.

Selain konsumsi makanan yang bergizi, ibu hamil dan menyusui perlu melakukan olahraga ringan yang teratur, menjaga kondisi psikis dan berinteraksi dengan bayinya. Konsultasi dengan dokter harus dirutinkan. Saling kerjasama antar pasangan juga sangat diperlukan baik dalam proses kehamilan maupun menyusui. Itulah kiranya yang bisa admin bagikan hari ini terkait 10 Makanan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil dan Menyusui semoga ulasan kali ini bisa menambah wawasan anda akan masa masa kehamilan.
Previous Post
First

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)